Waduh.... Kantor Panwascam Rimbo Bujang Sembunyi Diujung Jalan

Kantor Panwascam Rimbo Bujang, lokasinya berada di ujung jalan 5 Wirotho Agung.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Lazimnya, Kantor atau Sekretariat Panwascam berada dikomplek perkantoran atau lokasi yang mudah diketahui dan diakses oleh masyarakat luas.

Namun, kondisi tersebut berbeda jauh dengan Sekretariat Panwascam
Rimbo Bujang, lokasinya yang berada di Jalan 5 ujung Kelurahan Wirotho Agung
dikhawatirkan nantinya sangat menyulitkan masyarakat yang hendak melaporkan
temuan pelanggaran Pemilu.

"Umumnya, Kantor Sekretariat Panwascam letaknya mudah diketahui dan mudah di
akses masyarakat," ungkap Endita, Tokoh Masyarakat Wirotho Agung menuturkan pada Teboonline.com, Senin (17/10).

Dikatakan Endita, meskipun tugas dan wewenang Panwascam mengawasi dan menerima laporan dugaan pelanggaran dalam pilkada sesuai Undang-Undang, Masyarakat juga berhak mengawasi Panwascam.

"Masyarakat, LSM ataupun lembaga lain juga berhak mengawasi kinerja Panwascam, kalau letaknya sulit diketahui, jadi bagaimana mau mengawasinya," katanya.

Disamping itu lanjut Endita, untuk lokasi Sekretariat Panwascam juga harus melihat faktor keamanan karena petugas Panwascam ini tugasnya sangat beresiko tinggi. Misalnya, terjadi konflik di Sekretariat karena gesekan antar tim sukses atau timses dengan Panwas.

Kalau lokasinya berada didekat keramaian atau dipusat kota, masyarakat setempat akan mudah mengetahui dan bisa membantu untuk meredamnya. Tapi kalau jauh diujung jalan seperti sekarang ini, masyarakat bisa tidak tahu.

Saat dikonfirmasi Teboonline.com, salah satu Anggota Panwascam Rimbo Bujang, Budiman berdalih, Kantor sekretariat lama sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan. Pasalnya, jika disiang hari terasa sekali panasnya matahari.

"Di kantor yang lama kemarin kan dibelakangnya digusur, jadi kalau siang hari panas sekali," ujarnya.

Budiman juga mengungkapkan, tempat tinggal salah satu pengurus Panwascam Rimbo Bujang yakni Agus yang bersebelahan dengan secretariat nantinya diharapkan mempermudah jika ada kegiatan ataupun yang bersifat mendadak.

"Rumah Mas Agus kan sebelah Sekretariat, jadi kalau anggota yang lain sedang bertugas diluar beliau selalu ada," pungkasnya. (crew)

Related News