Puskesmas Di Kabupaten Tebo Minim Tenaga Kesehatan

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Puskesmas di Kabupaten Tebo saat ini masih banyak kekurangan tenaga kesehatan. Pasalnya, tiap puskesmas yang tersebar ditiap kecamatan, hanya ada 4 tenaga kesehatan yang PNS dan sisanya non PNS.

Kepala Dinas Kesehatan Tebo, Ridwan menuturkan, untuk membantu pelayanan kesehatan ditiap kecamatan pihaknya kini banyak dibantu oleh TKS atau Tenaga Kesehatan Sukarelawan. Sedangkan untuk tenaga kesehatan yang PNS, Ridwan mengaku hanya berjumlah empat orang.

"Kalau yang di Tebo Tengah (Puskesmas_red) itu TKS. Mereka tidak dibayar, sukarela saja," kata Ridwan meyakini.

Sementara, kalau ditanya apakah sudah cukup kebutuhan tenaga medis di Tebo, Ridwan bilang belum cukup. Dirinya masih membutuhkan sekitar 600 orang tenaga medis, baik dokter, Perawat, Bidan, tenaga kesehatan lingkungan (Kesling), ahli gizi, ahli laboratorium, Apoteker dan lainnya.

"Saat ini tenaga kesehatan di Kabupaten Tebo baru separuhnya yang terpenuhi," katanya lagi.

Terlebih lanjut Ridwan, jumlah Puskesmas yang ada di Tebo kini mencapai 14 Puskesmas, belum lagi ditambah unit layanan lainnya seperti Pustu. Otomatis kata Ridwan, tiap Puskesmas minimal ada 2 dokter dibantu juga dengan tenaga medis lainnya.

"Usulan penambahan tenaga kesehatan sudah kita usulkan. Tinggal tunggu informasi dari pusatlah," tuntasnya. (crew)

Related News