Ini Dia Harapan Lurah Sungai Bengkal Terhadap Ketua RT, RW dan Pegawai Sarak Di Musim Politik

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Jelang pelaksanaan Pilkada Tebo 2017 mendatang, Para Ketua RT dan RW dilingkup kelurahan Sungai Sengkal Kecamatan Tebo Ilir diminta bersikap netral dan tidak ikut berpolitik praktis.

"Berhubung tahun ini adalah tahun politik yang mana kita ketahui bersama pada bulan februari tahun 2017 mendatang akan dilaksanakan pemilihan Cabup dan Cawabup Tebo periode 2017- 2022, saya minta para ketua RT (Rukun Tetangga) dan ketua RW (Rukun Warga) khususnya yang berada dalam Kelurahan Sungai Bengkal untuk bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis," ujar M.Nur, Kepala kelurahan Sungai Bengkal saat dijumpai Teboonline.com dilokasi MTQ Ke- VI tingkat Kelurahan Sungai Bengkal, Jum'at (23/9) kemarin.

Menurut Lurah, salah satu penyebab konflik dan sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) adalah terlibatnya aparatur pemerintahan dan pelayanan masyarakat dalam proses politik, baik langsung maupun tidak langsung mendukung salah satu kandidat pasangan calon.

Maka dari itu, lanjutnya, untuk menjaga agar situasi tetap kondusif menjelang perhelatan pilkada Tebo, para Ketua RT dan RW yang merupakan bagian dari aparatur penyelenggaraan pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus bersikap netral.

"Netralitas aparat penyelenggara pemerintahan disemua tingkatan yang dimulai dari ketua RT dan RW adalah salah satu bentuk dukungan real untuk suksesnya pemilihan calon bupati dan calon wakil bupati tebo 15 februari 2017 mendatang," tambah Lurah.

"Begitu juga para pegawai sarak yakni Imam, Khatib dan Bilal, saya minta juga untuk bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu kandidat pasangan calon," katanya lagi.

Dirinya menuturkan, Mereka (Pegawai sarak, red) adalah panutan masyarakat banyak yang salah satu fungsinya adalah sebagai pemersatu umat Islam. Yang saya kwatirkan apabila pegawai sarak tersebut terlibat politik praktis, akan  menyebabkan perpecahan ditengah masyarakat bukannya mempersatukan umat yang menjadi salah satu fungsi utamanya.

"Sukses tidaknya Pilkada Tebo itu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu saja, tapi juga tanggung jawab kita bersama,  termasuk peran serta para pegawai sarak," sebutnya.

"Untuk itu saya himbau kepada seluruh pegawai syarak khususnya yang berada dalam kelurahan Sungai Bengkal untuk tetap menjaga netralitas terutama saat menjelang pilkada Tebo mendatang. Dengan bersikap netral berarti kita sudah ikut berpartisipasi menyukseskan Pemilukada," pungkas Lurah. (Lga)

Related News