BKPP Tebo Bakal Proses Pengunduran PNS Bapaslon Pilkada Tebo, Eko: Kandidat Belum Ada Yang Ngusulkan

Eko Nuryanto.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dengan adanya peraturan KPU bahwa bagi PNS yang akan maju di Pilkada diharuskan untuk melepaskan status Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNSnya, dalam hal ini pihak BKPP Tebo mengaku siap membantu proses tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris BKPP Kabupaten Tebo, Eko Nuryanto. Eko mengatakan bahwa BKPP Tebo pada prinsipnya siap memproses kandidat Pilkada Tebo yang berstatus PNS untuk mengundurkan diri.

"Pada intinya, kita BKPP Tebo siap membantu proses para kandidat yang akan maju di Pilkada Tebo yang berstatus PNS dalam melakukan pengunduran dirinya," ujar Eko.

Ditanya mengenai apakah Kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tebo, Hamdi-Harmain yang merupkan PNS di Kabupaten Tebo sudah mengusulkan untuk melepaskan status PNSnya. Eko Nuryanto menegaskan bahwa hingga saat ini kedua kandidat tersebut belum mengusulkan pengunduran dirinya dari status PNSnya. 

Namun Eko Mengaku sudah pernah dihubungi oleh kedua kandidat yang menanyakan persyaratan dan prosedur dalam melepaskan status PNSnya.

"Kalau usulan kita belum terima, namun pihak kedua kandidat sudah pernah berkoordinasi dengan kita tentang hal tersebut," ungkap Eko.

Eko juga menjelaskan bahwa, menurut peraturan KPU bahwa proses pengunduran PNS bagi kandidat yang maju di Pilkada akan dilakukan setelah penetapan sebagai calon nantinya.

"Sesuai peraturan KPU, proses tersebut setelah penetapan calon, atau lebih tepatnya proses pengunduran dirinya bagi kandidat yang PNS akan diproses 60 hari setelah penetapan," jelas Eko. (crew)

Related News