Pemkab Tebo Selesaikan Dua Tapal Batas Wilayah, Arif : Tahun Ini Fokus Batang Hari

Pemasangan Pilar batas Tebo - Batang Hari.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Sejauh ini, Pemda Tebo telah menyelesaikan dua Tapal batas yakni, batas Tebo - Riau dan batas Tebo -Tanjang Jabung Barat.

Tahun ini, dua batas tinggal menunggu turunnya Permendagri. Hal ini diungkapkan oleh Kabag Pemerintahan Setda Tebo, Arief Haryoko.

Arief menjelaskan, Batas Tebo - Riau dan Tebo - Tanjab barat telah selesai dan telah keluar Permendagrinya.

Pihaknya sangat serius menyelesaikan batas-batas dengan tetangga. Bahkan, dua segmen yang digarap yaitu Tebo-Merangin dan Tebo-Sarolangun.

"Kita sangat serius menyelesaikan batas, soalnya batas sangat penting sebagai batas antar Kabupaten," jelasnya.

Untuk dua batas tersebut Lanjut Arief, barus selesai beberapa waktu lalu setelah Tim Penegasan Batas Daerah (TPBD) dari Kementrian Dalam Negeri bersama tim Topografi milik Angkatan Darat (AD) turun kelapangan untuk melakukan verifikasi batas di lapangan.

"Sudah oke semua, untuk dua lagi berkasnya sudah dikirim ke pusat, tinggal menunggu Permennya," jelas Kabag.

Tahun ini Arief kembali menjelaskan, pihaknya fokus terhadap penyelesaian batas antara Tebo dan Batang Hari. Proses pemasangan pilar batas kedua Kabupaten telah selesai. Total pilar yang dipasang sekitar 18 pilar.

"18 pilar batas Tebo-Batanghari tersebut membentang dari bukit bakar hingga Muara batang tabir," ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk batas-batasnya sudah selesai dan kedua pihak juga telah sepakat. Saat ini tinggal menuju pengajuan permendagri ke pusat.

"Intinya kedua belah pihak sudah ketemu dan ingin secepatnya selesai ditahun 2016," jelasnya.

Seperti diketahui, wilayah Kabupaten Tebo dikelilingi oleh kabupaten di Provinsi Jambi dan Kabupaten luar Provinsi Jambi.

Namun secara bertahap batas-batas tersebut dapat diselesaikan. Hingga akhir 2015 ini setidaknya terdapat dua Permen batas wilayah telah selesai dan keluar yakni, Tebo - Riau dan Tebo - Tanjab barat. (crew)

Related News