Mahasiswa Kukerta UNJA Di Wirotho Agung, Perkenalkan Mesin Pengolahan Sampah Organik

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Mahasiswa Kukerta Tematik BOPTN Universitas Jambi (UNJA) 2016 Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, menggelar Sosialisasi dan Penyuluhan sekaligus memperkenalkan mesin pengolahan sampah untuk pembuatan pupuk cair dari sampah organik menggunakan Bioreaktor pembangkit pupuk cair (BPPC).

Sosialisasi itu bertempat di Jalan Dr Wahidin Wirotho Agung, Senin (1/8), dihadiri oleh Lurah, Kasi Pememerintahan, PPL Pertanian, Ketua FMPPM, Ketua HAJAR, Dharma Wanita, PKK, Kelompok Tani, Ketua RW/RT, Tokoh masyarakat dan Mahasiswa Kukerta UNJA.

Lurah Wirotho Agung, Soedjarijo mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa Tematik BOPTN UNJA 2016, yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di tengah msyarakat Kelurahan Wirotho Agung.

"Seperti kegiatan penyuluhan pembuatan pupuk cair menggunakan BPPC, dapat diterapkan di Kelompok Tani yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan perekonomian petani khususnya dan masyarakat umumnya di Wirotho Agung,” ujar Lurah Soedjario, pada sambutannya.

PPL Pertanian Wirotho Agung Nanik Nur Hidayah, menyambut positif digelarnya sosialisasi pembuatan Pupuk cair dari sampah organik menggunakan BPPC, yang dimotori oleh Mahasiswa Kukerta Tematik BOPTN UNJA di Wirotho Agung.

"Kita berharap dengan menguasai pengetahuan pembuatan pupuk Cair dari sampah Organik, para Kelompok Tani dapat membuat sendiri pupuk cair tersebut dan menggunakannya untuk meningkatkan hasil pertaniannya," ujar Nanik.

Pemateri, Ir.Dede Martino,MP dari UNJA memaparkan cara teknis proses pembuatan pupuk cair dari sampah organik menggunakan Bioreaktor pembangkit pupuk cair (BPPC). Pembuatan pupuk cair ini bisa dengan mudah diproduksi dalam keluarga, dan manfaat dari pupuk cair untuk tanaman Hidro ponik dan tanaman kebun terbukti peningkatan hasilnya lebih tinggi dan memuaskan.     

”Bahan baku pembuatan Pupuk cair, dari sampah organik seperti sampah dapur,sampah halaman dan lainnya. Dengan menggunakan teknologi sederhana mesin pengolah sampah, dapat menghasilkan pupuk cairan sampah organik yang bermanfaat untuk menyuburkan tanaman degan hasil yang memadai,” jelas Ir.Dede Martino,MP, pada paparannya.

Rangkaian acara, ditutup dengan pembacaan doa, yang disampaikan oleh Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Madrasah (FMPPM) Kabupaten Tebo Amiruddin,S.Ag. Koordinator Kelompok Mahasiswa kukerta Tematik BOPTN UNJA di Kelurahan Wirotho Agung, Yoga kepada teboonline.com mengatakan, gelar sosialisasi pembuatan pupuk cair dari sampah organik menggunakan BPPC merupakan bagian program Kukerta Mahasiswa Tematik BOPTN UNJA.

”Semoga dengan gelar sosialisasi pembuatan pupuk cair ini, dapat bermanfaat kepada masyarakat dan bermanfaat bagi kami (Mahasiswa Kukerta-red) di bangku akademik nantinya," pungkas yoga. (asa)

Related News