Jamaah CalHaj Tebo Meningkat Dua Kali Lipat

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dibandingkan tahun 2015 lalu, calon jamaah haji Tebo
tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 2 kali lipat. Dimana tahun 2015 lalu jamaah yang berangkat ke tanah suci hanya berjumlah 57 Jamaah, sedangkan tahun ini 2016 sebanyak 138 jamaah termasuk TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

Lukman, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Tebo mengungkapkan, kenaikan jamaah haji tahun ini jumlahnya sudah terdata di Kemenag Tebo berdasarkan pendaftaran calon haji. "Iya jumlah itu berdasarkan daftar tunggu haji. Dan tahun ini jumlahnya naik," sebutnya.

Sementara, saat ditanya apakah kenaikan tersebut ada kaitannya dengan turunnya biaya naik haji, Lukman bilang, "tidak jugalah, ONH itu tergantung dari tinggi rendahnya kurs dolar," katanya meyakini.

"Kalau 2015 lalu ONH sekitar 34 juta, sekarang (2016'red) turun jadi 32 juta. Ngikut kurs dolar juga. Kalau dolar turun otomatis ONH turun," timpalnya lagi pada Teboonline.com.

Terkait jadwal pelepasan 138 jamaah asal tebo embarkasi Batam kloter 19 lukman menjadwalkan bakal dilakukan pada Kamis (26/8) dinihari. Pasalnya, jamaah haji asal Tebo keesokan harinya bakal bertolak langsung dari Jambi menuju Batam.

"Untuk pelepasan malam dini hari. Kalau bisa paginya (26/8) pukul 6 jamaah sudah ada di Jambi dan kumpul dulu di asrama haji," jelas Lukman meyakini.

Sejauh ini lanjut Lukman belum ada laporan atau kendala yang dihadapi para jamaah haji asal Tebo. Pihaknya berharap dari jumlah yang terdaftar tersebut saat pelepasan seluruhnya dalam kondisi baik.

"Saya belum terima ada laporan jamaah Tebo yang batal atau lainnya," tutupnya.

Sementara itu, Ngadiran Jamaah Haji asal Tebo Ulu mengungkapkan sejak dimulainya pendaftaran hingga jelang keberangkatan tidak menemukan kendala. Dirinya merasa puas terhadap pelayanan pihak Kemenag yang membantu hingga proses keberangkatan.

"Alhamdulilah semua berjalan lancar tidak ada hambatan. Pelayanan pihak penyelenggara haji sangat bagus dan cepat," katanya. (crew)

Related News