DPU Tebo Alokasikan 13 Paket Proyek Irigasi

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO -  Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tebo pada tahun 2016 ini, rencananya akan mengalokasikan 13 paket proyek pembangunan irigasi atau saluran air di lahan pertanian seperti persawahan. Hal itu dikatakan oleh Kepala DPU Tebo Arif Machruf Dachlan melalui Kabid Pengairan, Romi.

13 paket proyek irigasi tersebut bersumber dari dua anggaran yakni dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN dan APBD Tebo 2016. “Dari dana DAK ada 6 paket dengan nilai kurang lebih Rp 2 Milyar, perpaketnya berkisar Rp 200 Jutaan,” kata Romi saat dikonfirmasi Jambi Star di ruangannya beberapa waktu yang lalu.

Sementara lanjut Romi, untuk yang bersumber dari APBD Tebo, kali ini ada 7 paket dengan nilai total keseluruhan Rp 1,9 Milyar dan nilai perpaketnya kurang lebih hampir sama dengan paket pada proyek DAK tersebut.

“Perpaketnya nanti dikerjakan secara PL (Penunjukan langsung_red), PL sendiri kan nilainya dibawah Rp 200 juta dan saat ini sedang tahap persiapan menjelang nanti diketahui siapa saja kontraktor yang mengerjakannya,” sambungnya lagi.

Lebih jauh diungkapkan Romi, DPU Tebo sendiri lebih cenderung pada pembangunan irigasi dikarenakan di Kabupaten Tebo ini, banyak sawah yang system tadah hujan. Oleh sebab itu, di Kabupaten Tebo sendiri pada tahun – tahun lalu termasuk sekarang ini tidak ada pembangunan bendungan.

Ketika tidak ada hujan, maka sawah itu akan kering. Makanya DPU Tebo memaksimalkan pembangunan saluran air. Sementara, khusus di Bidang pengairan DPU Tebo, memang tidak ada proyek di bidang infrastruktur, semuanya untuk irigasi dan proyek irigasi ini spesifikasinya untuk peningkatan dari saluran tanah ke saluran beton.

“Saluran air berupa tanah selama ini sudah ada di persawahan untuk mengaliri Padi, itulah yang kita tingkatkan menjadi saluran beton. Seperti di desa Cermin Alam, itu salah satu titik alokasi proyek irigasi ini,” pungkas Romi. (us)

Related News