94 Napi Lapas Tebo Bakal Dapat Remisi Di HUT RI Ke 71

Ilustrasi.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Sebanyak 94 orang dari 243 warga binaan atau Narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II B Muara Tebo diajukan untuk mendapatkan pengurangan hukuman atau remisi dihari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-71 tahun 2016.

Dari 94 warga binaan yang diajukan, 1 orang diantaranya adalah perempuan dan 93 orang Napi laki-laki. Sementara, kasus Napi yang bakal dapat remisi juga beragam. 73 orang kasus pidana umum dan 21 orang kasus narkoba.

Sementara itu, untuk acara pemberian remisi nanti akan digelar di Aula lembaga pemasyarakatan kelas II B Muaro Tebo, yang nantinya langsung dipimpin oleh Kepala Lapas Tebo, Marten.

Kepala Lapas kelas II B Tebo, Marten, saat dijumpai mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan 94 nama tersebut ke Kanwil untuk melakukan pengecekan berkas.

"Tentu 94 orang yang kita ajukan ini sudah dilakukan seleksi secara ketat, mudah-mudahan semuanya dapat remisi," sebut Marten, Selasa (16/8).

Saat ditanyai apa saja syarat Napi untuk mendapakan remisi, Marten menjelaskan bahwa syarat yang harus dilakukan Napi adalah berkelakuan baik selama masa pembinaan, dan minimal 6 bulan sudah menjalani masa pidana.

"Jadi kalau mereka (Napi,red) sudah menjalani masa pidana yaitu minimal 6 bulan, maka mereka berhak mendapatkan remisi dengan catatan mengikuti aturan Lapas atau berkelakuan baik," jelasnya.

Dijelaskannya lagi bahwa jumlah warga binaan di Lapas kelas II B Tebo ini berjumlah 243 orang, dan untuk kasus terbanyak adalah tindak pidana umum seperti perampokan, pembunuhan dan pemerkosaan, kemudian disusul dengan kasus narkoba masih terbilang sedikit dan untuk kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) tahun ini dipastikan tidak ada remisi.

"Yang paling banyak itu kasus tindak pidana umum, karena kasus itu bermacam-macam, dan kalau untuk kasus narkoba di Lapas Tebo masih dibawah 40 persen, sementara untuk kasus tindak pidana korupsi berjumlah 3 orang," pungkasnya. (crew)

Related News