Seperti Terlupakan, Pacu Perahu Diharapkan Bisa Dilirik Pemerintah

Ilustrasi.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Setelah memasuki H+6 sejak lebaran idul fitri dilaksanakan, banyak kelurahan atau desa di Kabupaten Tebo yang mengadakan perlombaan tradisional seperti panjat pinang, tarik tambang dan perlombaan lainnya.

Tapi yang menjadi perhatian disini bahwa begitu banyak perlombaan yang dilakukan, tapi tidak banyak yang melaksanakan perlombaan pacu perahu yang saat ini terbilang sangat minim dilaksanakan diwilayah kawasan Tebo.

Salah satu wilayah yang masih melaksanakan perlombaan pacu perahu yaitu berada di desa Mangun Jayo kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo. Dalam hal ini, Kades Mangun Jayo, Basit menyebutkan bahwa ini acara rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun yang ditujukan kepada para pemuda agar terjalinnya kerja sama yang baik demi meninggalkan perihal yang negatif.

"Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan diharapkan kegiatan ini bisa memiliki efek positif kepada masyarakat terutama pemuda," ujarnya.

Sementara itu, Resi selaku ketua pemuda desa Mangun Jayo terkait keberadaan pacu perahu menilai bahwasanya pada saat ini pacu perahu seperti terlupakan. Akan tetapi dirinya berharap dengan adanya perlombaan ini akan terus memotivasi para junior melalui senior yang telah lalu agar mau memberikan arahan kepada para pendatang baru pada lomba pacu perahu.

"Meski seperti terlupakan, namun diharapkan bimbingan para senior dikategori pacu perahu terhadap juniornya bisa terus dilaksanakan," sebutnya.

Selain dari kerja sama yang baik, dirinya kembali berharap pemerintah bisa memperhatikan hal ini (Pacu Perahu,red) dan semoga untuk kedepannya, perlombaan pacu perahu bisa bekerja sama dengan Koni karena pada dasarnya perlombaan ini bukan hanya untuk unsur hiburan semata, melainkan juga untuk proses regenerasi kepada para pemuda terkhusus kepada seluruh pemuda yang berada didesa Mangun Jayo,

"Kami berharap pemerintah bisa melihat keberadaan pacu perahu karena meskipun masih minim, namun hal ini masih terus dilakukan. dan untuk kedepannya nanti selain perhatian pemerintah, mudah-mudahan para pelaku pacu perahu bisa menjadi atlet dan bekerja sama dengan Koni Tebo," harapnya lagi.

Demi keterwujudan hal inipun, Resi meminta kepada seluruh pemuda agar bisa bekerja sama dan terus mendukung dari apa yang telah direncanakan agar semu bisa terwujud sesuai dengan apa yang diinginkan selama ini.

"Agar hal ini bisa terwujud, kerja sama antar pemuda diharapkan bisa terus terjalin," tukasnya. (crew)

Related News