Perdana Demplot Hidroponik Tanaman Sayuran Di Rimbo Bujang, Sukses

PPL Anik Nurhidayah dan pengurus kelompok tani saat Demplot Hidroponik.
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Dampak dari pesatnya pembangunan dimana lahan-lahan pertanian, banyak berubah fungsi menjadi Perumahan dan Perkebunan. Akan tetapi warga yang saat ini masih banyak yang berprofesi sebagai petani sayur mayur perlu solusi untuk tetap bisa menjalankan usahanya walaupun kendala lahan sudah tidak seluas seperti masa lalu. Untuk itu perlu adanya terobosan baru.

”Untuk tahun 2016 ini Dinas Pertanian  Kabupaten Tebo, baru satu - satunya membuat program Demplot Hidroponik Tanaman Sayuran di Kelompok Tani Harapan Jaya Jalan Dr Wahidin Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang,” papar PPL Pertanian Wirotho Agung, Anik Nur Hidayah pada teboonline.com, Senin (18/7).

Dikatakannya, cara terkini sebagai langkah dalam mengatasi ketahanan pangan perlu menerapkan langkah-langkah strategis salah satunya dengan pola tanam HIDROPONIK. Dengan hidroponik kita tidak perlu tanah dan perawatan intens, dalam waktu singkat sekitar tiga minggu atau 25 s/d 30 hari tanaman sudah menghasilkan.

Hidroponik ini adalah solusi atas banyak persoalan, bisa menjadi sumber pangan sehat bagi keluarga, menambah ruang terbuka hijau sekaligus pemasukan bagi keluarga yang potensial. Hidroponik            (latin ; hydro = air ; ponos = kerja) adalah suatu metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, melainkan dengan menggunakan larutan mineral bernutrisi.

"Pada Demplot Hidroponik Kelompok Tani Harapan Jaya, yang diketuai oleh Zainal, dengan Pelakana lapangan Yahmanto, menaman Sayuran yang perdana seperti jenis Sawi, seledri, selada, Kankung, Bayam, Vare, Straw bery dan lainnya sudah pernah dipanen dengan hasil memuaskan," imbuh PPL Anik Nur Hiayah.

Pelaksana Kelompok Tani Harapan Jaya Wirotho Agung, Yahmanto dikonfirmasi mengatakan, pihaknya mengakui berkat petunjuk dan pembinaan PPL Nur Hidayah, Demplot Hidroponik tanaman Sayuran yang dikelola Kelompok Tani Harapan maju sudah berhasil panen pertama. Untuk membuat tanaman Hidroponik, dibutuhkan bahan seperti Pompa air, Paralon 3 inc, Kayu dan Paku, Plastik bening, Jaring Paranet, Rol wol, Botol Aqua dan Nutrisi Hidroponik.

”Bertanam Sayuran dengan Hidroponik, serba menguntungkan seperti hemat waktu, tenaga, lokasi dan modal tapi hasilnya cukup lumayan,” ujar Yahman, meyakinkan. (asa/zam)

Related News