Nadiah Nurul Aini Anak Penderita Gizi Buruk Akhirnya Dirujuk Ke RSUD STS Tebo

Nadiah Nurul Aini penderita gizi buruk saat bersama Ibunya.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Adanya bocah yang diketahui menderita gizi buruk atas nama Nadiah Nurul Aini binti M.Kholil (5,5) warga jalan Pahlawan Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, langsung mendapatkan penanganan khusus dari pihak Puskesmas Rimbo Bujang II.

Pasalnya, setelah mendapatkan informasi terkait bocah perempuan penderita gizi buruk ini, pihak Puskesmas Rimbo Bujang II yang dikepalai oleh dr. Riyana langsung mendatangi kediamannya untuk mengecek langsung tentang kondisi bocah tersebut pada Rabu (20/7).

Setelah dicek dan meminta keterangan dari orang tua bocah tersebut, pihak Puskesmas Rimbo Bujang II langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo dan rumah sakit Hanavi Muara Bungo dimana bocah tersebut sebelumnya pernah dirawat inap.

Kepala Puskesmas Rimbo Bujang II, dr.Riyana usai mendatangi kediaman bocah tersebut menyatakan bahwa pada bulan Mei 2016 lalu, Nadiah Nurul Aini pernah menjadi pasien Puskesmas Rimbo Bujang II karena dibawa berobat oleh oarng tuanya.

Karena kondisi pasien saat itu cukup lemah akhirnya pihak Puskesmas memberikan surat rujukan agar pasien tersebut dirawat di RSUD Sultan Thaha Syaifudin (STS) Tebo. Berdasarkan keterangan yang diperoleh, ternyata pada saat itu orang tua pasien tidak merujuknya ke RSUD STS Tebo, melainkan bocah tersebut dibawa ke RSUD Hanavi Bungo.

“Hasil koordinasi dengan pihak RSUD Hanavi, pasien (Nadiah Nurul Aini_red) didiagnosa menderita Hepatitis C dan ada kelainan darah sehingga tubuh pasien menjadi kurus dan itulah yang disebut sebagai penderita gizi buruk,” jelas dr.Riyana pada Teboonline.com, Rabu (20/7).

Karena usia pasien 5,5 tahun akhirnya pasien tersebut tidak tercatat di Posyandu untuk Imunisasi. Namun, hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo, Pasien akan dibawa untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut di RSUD Tebo.

“Besok (Kamis_red) pasien akan kita bawa ke RSUD Tebo untuk penanganan lebih lanjut dan pengobatannya akan dibantu oleh Pemerintah, tadi staf Puskesmas sudah meminta kartu KK orang tua pasien untuk keperluan administrasi,” beber Riyana. (crew/zam)

Related News