Lokasi Penemuan Situs Zaman Hindu Di Teluk Kuali Tebo Ulu, Hanya Tinggal Kenangan

Seorang warga saat memperlihatkan lokasi Candi peninggalan
zaman Hindu di desa Teluk Kuali Tebo Ulu yang dipenuhi semak belukar.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Banyak peninggalan sejarah di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, salah satu diantaranya adalah lokasi Situs kuno peninggalan zaman Hindu di dusun Candi Desa Teluk Kuali Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo.

Namun, sangat di sayangkan lokasi penemuan Situs Kuno tersebut saat ini terlupakan dan hanya tinnggal kenangan. Pasalnya, pihak Pemerintah tidak ada langkah kongkrit untuk menyelamatkan atau memugar serta melestarikan lokasi bersejarah dan cukup langka tersebut.

Ditemukannya situs kuno peninggalan Zaman Hindu di Desa Teluk Kuali Tebo Ulu, diperkirakan pada tahun 1978 yang silam oleh warga setempat. Berawal ditemukannya situs Kuno bersejarah ini, pada saat PT Alas mengerahkan Buldozer untuk membuat Camp  dan perkantoran PT Alas
saat itu ditemukan satu buah Arca berbentuk patung dan satu lempengan batu untuk bahan membuat bangunan Pura pada masa kejayaan Zaman Hindu.

”Ya, lokasi Situs kuno peninggalan Zaman Hindu ditemukan oleh masyarakat di Desa Teluk Kuali Tebo Ulu diperkirakan sekitartahun 1978 pada saat PT Alas membuat Camp,” ungkap tokoh masyarakat Teluk Kuali, M.Husni Yusuf didampingi tokoh pemuda Yandri Anggriawan,S.IP, pada teboonline.com Minggu (17/7).

Dikatakannya, merupakan bukti satu buah Arca dan satu buah lempengan batu untuk bahan membuat Candi Hindu, ditemukan dilokasi Situs Kuno di Teluk Kuali merupakan fakta sejarah yang harus di selamatkan dan dilestarikan.

”Benar, dua benda kuno temuan dilokasi Situs Kuno di Teluk Kuali, disimpan di Museum Provinsi Jambi. Diharapkan, kepada Pemkab Tebo dan Pemkab Provinsi Jambi, untuk dapat menyelamatkan dan memugar Lokasi penemuan Situs kuno di dusun Candi Desa Teluk Kuali Tebo Ulu,” harap Tokoh masyarakat Teluk Kuali, M.Husni Yusuf pada teboonline.com.

Seputar Hikayat Lokasi ditemukannya Situs Kuno di Desa Teluk Kuali Tebo ulu, pada saat PT Alas mengerjakan pembuatan Camp pada tahun 1978, Buldozer yang dikerahkan dilokasi tersebut sempat terpacak terbenam hingga berbulan- bulan lamanya, konon ceriteranya dilokasi terebut dikenal cukup angker penuh misteri gaib. Ironis Nasib Lokasi peninggalan situs sejarah ini, saat sekarang ini lokasi bersejarah tersebut dipenuhi semak belukar. (asa/zam)

Related News