Karena Derita Strok, Puskesmas Rimbo Ulu Tak Mampu Tangani Tumijan

TEBOONLINE.COM, RIMBOULU - Berstatus orang tak mampu, Tumijan (70) warga Jalan Jaya Pura Desa Sumber Sari Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo, saat dirinya membutuhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Rimbo Ulu, terkesan kurang mendapatkan pelayanan medis yang serius oleh petugas kesehatan.

Kronologisnya, Tumijan orang tak mampu lagi miskin dan hidup sebatangkara, dirinya mengalami penyakit gejala strok yang sangat memerlukan pengobatan serius. Adanya kejadian tersebut, Kades dan perangkat Desa Sumbersari membawa Tumijan untuk berobat ke Puskemas Rimbo Ulu, Jumat (22/7).

Namun, baru semalam Tumijan di rawat dengan alasan tidak jelas, petugas Puskesmas menyuruh Kades Sumbersari untuk memindahkan pasien Tumijan ke RSUD Kabupaten Tebo. Kades Sumbersari, Masandi kepada teboonline.com mengatakan, membenarkan Tumijan warga Desa Sumbersari, tidak punya sanak saudara dan tergolong warga tak mampu, saat ini kondisinya mengalami gejala sakit strok.

”Kita habis pikir, kenapa pihak Puskesmas dengan alasan tidak jelas memaksa Tumijan dipindahkan ke rumah Sakit di Tebo. Apa karena orang miskin, takut tidak dibayar sehingga pihak Puskesmas enggan merawat Tumijan. Kalau pihak Puskesmas bersikeras, yaah apa boleh buat Tumijan terpaksa kami bawa pulang aja,” ujar Kades Sumbersari Masandi.

Kepala UPTD Puskesmas Rimbo Ulu, melalui Kepala Puskesmas Desa Sumbersari, Selamet,S.Km di konfirmasi menyebutkan, pihaknya menegaskan bahwa Tumijan karena mengalami gejala penyakit Strok, sehingga pihak Puskesmas Rimbo Ulu tidak sanggup menangani pasien Tumijan, karena keterbatasan alat medis.

”Karena keterbatasan alat medis, maka pihak Puskesmas memberikan rujukan pasien Tumijan ke RSUD Tebo,” jelas Kepala Puskesmas Sumbersari, Selamet, pada teboonline.com. (zam)

Related News