Camat Rimbo Bujang Berang Ada Oknum Staf Kantor Lurah Wirotho Agung Jadi Makelar urus KK

SUKIMAN
Camat Rimbo Bujang.
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Pejabat Camat Kecamatan Rimbo Bujang, Sukiman berang setelah mendapatkan laporan terkait adanya oknum pegawai kantor Lurah Wirotho Agung yang menjadi makelar pembuatan KK, ganti status di KTP dan pembuatan Akte Kelahiran.

Oknum tersebut mematok biaya sampai Rp 300 Ribu pada saat proses perekaman E-KTP, Kamis (21/7) lalu di kantor Lurah Wirotho Agung.

”Tupoksi Kantor Lurah dan Desa, bukan mengurusi Akte Kelahiran, KTP dan KK,  itukan urusan Dinas Dukcapil Tebo. Kelurahan dan Desa hanya sebatas mengeluarkan Surat rekomendasi atau pengantar.

Untuk selanjutnya warga mengurus langsung ke Dinas Dukcapil Tebo,” tegas Camat Rimbo Bujang, Sukiman,SP,MM kepada teboonline.com, Sabtu (24/7).

Imbuh Camat Sukiman, berdasarkan peraturan yang ada baik Permendagri dan Peraturan lainnya, warga yang mengurus Surat - menyurat di Kantor Lurah dan Desa tidak dikenakan pungutan biaya alias gratis. Kalau ada Staf Kelurahan dan Desa memungut dengan patokan biaya kepada warga dalam hal urusan warga, itu jelas Pungli namanya. 

”Apapun bentuknya,  pungutan yang tidak ada payung hukum dan peraturan resmi itu Pungli dan harus ditindak tegas. Saya tidak akan tebang pilih, kalau terbukti ada oknum staf Kelurahan dan Desa melakukan Pungli dalam melayani urusan warga, kita akan tindak tegas dan membawa kasus tersebut ke tingkat Kabupaten,” tegas Camat Sukiman, pada teboonline.com. (zam/gus)

Related News