Friday, July 15, 2016

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO  - Banyak Sekolah Menengah Atas (SMA) di Wilayah Kabupaten Tebo, nasibnya terancam tutup atau gulung tikar. Pasalnya, sudah berlangsung bertahun-tahun pada setiap Tahun Ajaran (TA) baru di Sekolah tersebut sangat minim mendapatkan Siswa baru.

Menurut pengamat pendidikan, kendala yang dialami oleh SMA pada umumnya diakibatkan tergerus oleh Sekolah (Sekolah Favorit-red) yang ada, dikarenakan para Siswa Tamatan SMP yang mau masuk ke SMA terobsesi dengan nama SMA yang didengungkan mendapat julukan Sekolahan Favorit.

Seperti yang terjadi di SMAN 16 Kabupaten Tebo, pada Tahun Ajaran 2016 - 2017 hanya bisa mendapatkan 23 Siswa yang mendaftar. Padahal, SMP pendukung yang ada dengan jarak hanya 50 M dengan lokasi SMAN 16, jumlah lulusan di SMP tersebut tak kurang dari 100 Siswa pada Tahun Ajaran 2015 - 2016.

”Benar, SMAN 16 Tebo pada TA 2016 - 2017 hanya ada 23 Siswa baru yang mendaftar. Kedepan, kita berharap kepada para Orang tua cukup menyekolahkan. anaknya disekolahan yang jarak tempuhnya dekat dengan tempat tinggal. Kepada Pemerintah (Dikbudpora-red) Tebo, dapat mengatur Wilayah penerimaan Siswa di setiap Sekolahan yang ada,” beber Kepsek SMAN 16 Tebo, Darma Laksana pada teboonline.com, Jumat (15/7).

Anggota Komosi I DPRD Kabupaten Tebo, Hj Sumiyati dikonfirmasi menyebutkan, adanya fenomena disejumlah Sekolahan SMA yang ada di Kabupaten Tebo, sering minimnya mendapat Siswa baru pada setiap Tahun Ajaran. Dan Sebaliknya dibeberapa SMA yang diklaim Favorit kebanjiran Siswa baru dan bahkan sampai kelebihan Siswa dan menolaknya.

”Terkait adanya SMA mengalami kelangkaan Siswa baru pada setiap Tahun Ajaran di Wilayah Kabupaten Tebo, Komisi I yang menangani Pendidikan dan Kesehatan akan membahas di Forum DPRD Tebo,” tandas Anggota Komisi I DPRD Tebo, Hj Sumiyati,pada teboonline.com

Pantauan Teboonline.com, dua SMA favorit Kabupaten Tebo pada setiap Tahun Ajaran baru selalu menerima Siswa yang membludak melebihi Kuota yang ada. Sementara SMAN 18 dan SMAN 15 Kabupaten Tebo, pada Tahun Ajaran 2016 - 2017 hanya mendapat 10 Siswa baru.
Pihak Dikbudpora Kabupaten Tebo belum bisa dikonfirmasi, terkait Fenomena penerimaan Siswa baru SMA di Kabupaten Tebo. (zam/asa)