Tempat Pembuangan Sampah Pasar Sarinah Wirotho Agung Dekat Mushola Sebabkan Bau Busuk

Tumpukan sampah yang berserakan di TPS belakang pasar Sarinah tepat disamping Mushola.
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang terletak di belakang Pasar Sarinah Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, disorot dan mendapat kritikan dari warga setempat. Pasalnya, TPS tersebut berdekatan dengan Mushola.

Padahal, TPS tersebut setiap waktunya menimbulkan bau busuk hingga ke dalam Mushola, ribuan Lalat berterbangan masuk ke warung-warung sampai masuk ke rumah warga. Akibatnya, wargapun resah dan mengeluh.

TPS belakang Pasar Sarinah tersebut yang dikelola oleh Dinas Koperindag dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Tebo, merupakan TPS sementara dan selanjutnya sampah tersebut diangkut oleh petugas kebersihan untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Namun yang menjadi masalah, petugas kebersihan baru mengangkut sampah dari TPS sekitar pukul 08,30 wib sampai dengan 09.00 wib. ”Ya, petugas kebersihan mengangkut sampah dari TPS sekitar pukul 09.00 wib, sementara aktifitas di Pasar sudah ramai. Sampah di TPS itu menimbulkan bau menyengat dan lalat berterbangan ke warung-warung dan masuk kerumah warga disekitar sini,” ungkap Ibu Limin, pemilik Warung Kopi yang berdekatan dengan lokasi TPS, pada teboonline.com, Sabtu (11/6).

Ditambahkan Ibu Limin, memang delematis adanya tata ruang kota Pasar Sarinah Wirotho Agung, areanya sudah sangat sempit. Seperti untuk tempat khusus parkir kendaraan dan lokasi TPS sudah sulit. Sementara, volume Sampah cukup tinggi setiap harinya di Pasar Sarinah.

”Kita berharap kepada pihak terkait untuk mencari solusinya, supaya TPS yang ada sekarang ini di belakang Pasar Sarinah dapat dipindahkan ketempat Strategis dan layak,” pungkasnya.

Hal senada, disampaikan oleh Suhardi Gharin, pengurus Mushola belakang Pasar Sarinah pada teboonline.com, mengatakan bahwa pengunjung Pasar Sarinah yang Salat di Mushola tersebut terusik dengan bau busuk menyengat yang berasal dari TPS belakang Pasar Sarinah.

"Benar, bau Busuk menyengat dari TPS sangat mengganggu lingkungan. Jalan keluarnya, pihak berkompeten memindahkan TPS ke tempat yang aman,” ujar Gharin Mushalla, Suhardi pada teboonnline.com.

Sementara, Kadis Koperindag dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Tebo, belum dapat dikonfirmasi terkait TPS di Pasar Sarinah Wirotho Agung Rimbo Bujang. (zam/us)

Related News