Ini Dia Syarat Menjadi Anggota PPS Dan KPPS Pilkada

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Pilkada Tebo 2017 sudah diambang pintu, berbagai macam tahapan telah dilakukan oleh pihak KPUD Tebo. Seperti, perekrutan anggota PPS dan KPPS misalnya. Rencananya, tahapan rekrutmen PPS dan KPPS ini akan dilakukan pada 21 Juni hingga 20 Juli mendatang.

Terkait adanya perubahan Undang-undang (UU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mendatang, perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan KPPS mendatang bakal mengalami perubahan dari sebelumnya, yaitu akan dilakukan secara terbuka.

Ketua KPU Tebo, Basri melalui anggotanya Ahdiyenti mengatakan kepada Teboonline.com bahwa perubahan UU terkait PPK, PPS dan KPPS ini belum dibahas dalam PKPU. Namun dari hasil Paripurna yaitu untuk PPK pada Pasal 16 ayat 1a: seleksi anggota PPK dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian calon anggota PPK.

"Untuk PPS ada pada Pasal 19 ayat 1a: seleksi anggota PPS dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian calon anggota PPS, kemudian untuk KPPS yaitu Pasal 21 ayat 1a: seleksi anggota KPPS dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian calon anggota KPPS. Itu informasi yang kita dapat dari hasil paripurna lalu," imbuh Ahdiyenti.

Dijelaskannya lagi, bahwa untuk PPK dalam proses rekrutnya akan melewati tiga tahap, diantaranya tahapan Administrasi, Tulis, dan Wawancara, dan pelaksanaannya yaitu pada tanggal 21 Juni hingga 20 Juli mendatang.

"Kalau untuk PPK itu, sedangkan untuk PPS dan KPPS yang dimaksud secara terbuka ini adalah hasil tesnya diumumkan," bebernya.

Secara detail dipaparkannya lagi bahwa untuk rekrut PPS ini nantinya akan diterapkan wawancara terlebih dahulu, namun pada awalnya tetap usulan dari desa, jadwal perekrutannya pun yaitu tanggal 21 Juni hingga 20 Juli mendatang.

"KPPS sendiri nantinya akan direkrut oleh PPS, namun untuk mekanismenya kita masih menunggu PKPU, sebab inikan masih lama," sebutnya. (crew)

Related News