Horeeee..... Guru Honor Di Kabupaten Tebo Bakal Dapat Insentif Tali Asih

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (DIKBUDPORA) Kabupaten Tebo tahun ini mengajukan anggaran sebesar Rp 4,3 Milyar ke TPAD. Anggaran itu akan diberikan kepada para Guru honor se Kabupaten Tebo.

Hal itu disebutkan oleh Sekretaris Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo, Triyatna. Dikatakannya, anggaran sebesar Rp 4,3 Milyar diusulkan ke TPAD untuk dimasukan dalam APBD Tebo 2017 untuk gaji atau pembayaran tali asih Guru honor TK, SD, SMA dan SMK dan itu tidak termasuk Guru Honor Daerah (Honda_red).

''Nota dinas usulan sudah ada di Pak Bupati dan usulan ini dari Dinas Dikbudpora untuk dianggarkan di APBD murni 2017, untuk besaran yang diterima oleh Guru honor itu tergantung kualifikasi pendidikan Guru itu sendiri,'' kata Triyatna pada Teboonline.com, Rabu (8/6).

Misalnya lanjut Triyatna, untuk Guru honor yang lulusan SMA itu akan diberikan gaji tali asih sekitar Rp 200 Ribu/bulannya dan Guru tersebut syaratnya yang sudah masuk dalam aplikasi Dapodik yang dilaporkan oleh Sekolah ke Dinas.

Pada dasarnya, pemberian gaji tali asih ini atau insentif adalah sebagai bentuk pemberian penghargaan terhadap kinerja sebagai tenaga pendidik. Selama ini, para Guru honor itu ada yang digaji dari dana BOS dan ada juga yang digaji dari Komite sekolah.

Namun, ketika Triyatna ditanya tentang nanti para Guru honor ini sudah mendapatkan insentif dari Pemerintah ini apakah masih tetap diperbolehkan menerima gaji dari dana BOS atau Komite Sekolah, Triyatna belum bisa menjelaskan karena aturan yang dirancang ini belum selesai.

Terkait Guru honor SMA dan SMK dimana kewenangannya SMA dan SMK mulai 1 Januari 2017 mendatang dialihkan ke propinsi, keputusan tentang propinsi akan menggaji para Guru honor itu pun belum ada kepastian.

''Makanya dalam nilai Rp 4,3 Milyar itu termasuk Guru honor SMA/SMK, mana tahu nanti propinsi tidak membayar Gaji Guru honor itu masalahnya sampau sekarang belum Del dan Pemkab Tebo sendiri sudah punya ancang - ancang untuk itu, tapi untuk jumlah pastinya berapa Guru honor itu saya lupa,'' pungkas Triyatna. (crew)

Related News