Alasan Ikut Ortu, Ratusan Siswa Ajukan Pindah Sekolah

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Memasuki tahun ajaran baru 2016, ratusan siswa di tingkat SD maupun SMP ajukan pindah sekolah keluar provinsi. Kepindahan para siswa tersebut masih di dominasi ikut orang tua.

Hal tersebut langsung disampaikan Kabid Dikdas Dumiyati, dirinya mengatakan bahwa saat ini sebanyak 130 siswa SD Dan SMP yang mengajukan pindah keluar provinsi.

"Untuk saat ini jumlah siswa yang mengajukan pindah sekolah baik itu ke dalam provinsi maupun keluar provinsi sudah mencapat 130 siswa. Alasanya tidak lain dan tidak bukan ikut orang tua atau ikut Nenek," kata Dumiyati, Selasa (14/6).

Selain mengajukan pindah sekolah lanjutnya, terdapat juga siswa yang melanjutkan sekolah baik itu dari SD ke SMP dan SMP ke SMA/Sederajat  keluar dari Kabupaten Tebo.

"Saat ini baru 75 orang yang ingin melanjutkan ke sekolah luar Kabupaten," terangnya.

Saat ditanya apakah para siswa ini menilai pendidikan Tebo ini tidak bagus, sehingga siswa banyak yang ingin sekolah luar Tebo, pihaknya lagi-lagi menyebutkan alasan mereka melanjutkan sekolah keluar Tebo karena ikut keluarga, diminta Paman sekolah di Kabupaten lain, dan ada juga yang katanya ikut Nenek.

"Menurut pengakuan siswa dan wali murid yang membantu mengurus anaknya ingin sekolah luar daerah adalah faktor ikut orang tua dan berbagai alasan lainnya," jelasnya. (crew)

Related News