Ini Dia Pemicu Langkanya Gas 3 Kg Bersubsidi

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Terjadinya kelangkaan Tabung Gas Elpiji 3 Kg bersubsidi di Kabupaten Tebo, itu disebabkan oleh pengelola Pangkalan Tabung Gas yang nakal. Hal itu ditegaskan oleh pengelola Agen Tabung Gas CV Rimba Jaya, Pitono.

Diungkapkan Pitono, pendistribusian Gas bersubsidi tersebut harus sesuai aturan dan punya prosedur. Pangkalan dalam hal ini memiliki wilayah kerja masing - masing. Misalnya Pangkalan A berdiri di Kelurahan Wirotho Agung, pangkalan A ini hanya boleh menjual stok Gasnya ke warga setempat dalam Kelurahan itu.

''Kebanyakan Pangkalan, itu menjual Gasnya atau diecer sampai keluar daerah secara besar-besaran. Pangkalan hanya berfikir barang cepat habis tanpa memikirkan kebutuhan warga setempat. Seharusnya menjual Gas itu diwilayah kerjanya masing-masing,'' ujar Pitono saat ditemui Teboonline.com di kantor PT Tembesu Jaya Rimbo Bujang, Rabu (18/5).

Terkait pasokan Tabung Gas ke seluruh pangkalan dari Agen lanjutnya, tidak ada pengurangan sama sekali dan stabil. Begitu juga dari Pertamina ke Agen. Jika terjadi kelangkaan tabung Gas Elpiji 3 Kg bersubsidi di pasaran itu disebabkan oleh Pangkalan nakal yang menjual keluar daerah.

Sebagai Agen penyalur sebut Pitono, pihaknya cukup sulit untuk setiap hari mengawasi pangkalan agar tidak menjual Gas keluar daerah. Pasalnya, di Kabupaten Tebo ini ada 50 lebih pangkalan.

''Pihak Agen selalu memberikan arahan agar pangkalan menjual Gas ke wilayah kerja masing-masing dan soal harga tabung Gas 3 kg belum ada kenaikan,'' urai Pitono sambil menyebut pihaknya meminta penambahan stok Gas ke Pertamina pada bulan Ramadhan mendatang. (crew/us)

Related News