Sunday, May 22, 2016

Stadion Kabupaten Tebo (Sport Center).
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO -  Proyek Tahap 2 Finishsing Sport Center Tebo yang telah dianggarkan di APBD Tebo 2016 sebesar Rp 34 Miliar terancam batal dilaksanakan.

Hal tersebut dikarenkan APBD Tebo tahun 2016 baru saja memgalami pemangkasan sebesar Rp 60 Miliar bahkan dana DAK pun ikut dipotong 10 persen oleh pemerintah pusat.

Terkait hal itu, Sekda Tebo, Harmain menegaskan bahwa Proyek Finishing Spor Center Tebo tetap dilanjutkan. "walaupun ada pemangkasan APBD kita sekitar 60 miliar, namun pembangunan sport Center Tetap dilakukan," jelas Harmain.

Namun, Harmain kembali menjelaskan bahwa Proyek yang sebelumnya dianggarkan Rp 34 miliar teraebut berkemungkinan akan mengalami pengurangan disetiap item-itemnya.

"Proyek tetap lanjut, tapi kemungkinan tiap-tiap itemnya kita kurangi atau tidak dilakukan 100 persen," ungkap Harmain.

Harmain juga menjelaskan bahwa tidak saja anggaran Dinas PU saja yang mengalami kekurangan, namun tiap-tiap SKPD mengalami pengurangan.

"Tiap SKPD mengalami kekurangan, jadi mana kegiatan yang tidak terlalu penting, nanti akan dihapus. Ini merupakan rasionalisasi anggaran," pungkas Harmain.

Hal tersebut juga dibenarkan Kepala Bapedda Tebo, Agus Sunaryo dirinya menjelaskan bahwa pemangkasan anggaran tersebut yaitu sebesar 60 Milyar Rupiah, dimana pemangkasan terbesar pada Dinas PU Tebo sebesar Rp39 Milyar, sedangkan Dikbudpora menjadi pertimbangan, sehingga
pemangkasan tidak sebesar yang dialami Dinas PU Tebo.

"Semua SKPD dipotong 5 persen, itu yang terbesar PU Rp 39 Milyar, keseluruhannya 60 Milyar," terang Agus Sunaryo.

Sementara itu, untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari APBN untuk Kabupaten Tebo dipangkas sebesar 10 persen dari Rp 101,2 Milyar yang sebelumnya telah dianggarkan. Hal inipun merupakan dampak dari pengurangan DAK secara nasional yang dikarenakan tidak
tercapainya penerimaan negara di tahun 2016. (crew)