Waow.....!!! Ternyata Di Tebo Ada Air Terjun


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Siapa sangka kalau di wilayah Kabupaten Tebo ada air terjun. Hal itu terungkap saat kunjungan Sosisal Adventure TKCI-Jambi Perduli SAD bersama Ben_Teng Traill Adventure (Beta) yang merupakan komunitas trill Kabupaten Tebo, di pemukiman SAD Sungai Dahan, desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir, Sabtu (9/4) kemarin.

Zulfan, salah satu pengurus Beta warga desa Lubuk Mandarsah Kecamatan Tengah Ilir, tidak banyak warga yang mengetahui keberadaan air terjun tersebut. Pasalnya, keberadaan air terjun tersebut masuk dalam kawasan izin PT WKS.

“Tidak jauh dari pemukiman SAD Sungai Dahan. Tepatnya di Bukit Rinting. Jadi kami beri nama air terjuN ini adalah Bukit Rinting,” ujar Zulfan saat mengunjungi air terjun tersebut bersama rombongan TKCI provinsi Jambi.

Dijelaskan Zulfan lagi, tinggi air terjun tersebut diperkirakan sekitar 12 meter. Jika keberadaannya (Air terjun,red) dikelola dengan baik, bisa dijadikan salah satu objek wisata yang ada di Kabupten Tebo.

“Bukan air terjunnya saja yang menarik, tapi jalan menuju air terjun ini juga menarik. Lihat saja, dinding disepanjang air terjun ini bukan batu seperti air terjun biasanya. Tapi seperti fosil kayu,” jelasnya lagi.

Untuk itu, dia menghimbau kepada masyarakat untuk bisa menjaga dan melestarikan keberadaan air terjun tersebut. Dan kepada pemerintah Kabupaten Tebo, dia berharap bisa mempromosikan dan mengembangkan air terjun itu menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Tebo.

Sementara, Heri Wardono salah satu pengurus TKCI Provinsi Jambi tidak menyangka jika di Kabupaten Tebo ada air terjun. “Wah, tidak disangka ternyata di Tebo ada juga air terjun,” ujar Heri.

Menurut dia, meski tidak sebersar air terjun telun berasap yang berada di Kabupaten Kerinci, namun air terjun di Tebo memiliki karakter tersendiri, yaitu dinding batu yang menyerupai fosil kayu. “Baru di Tebo ada air terjun yang dindingnya seperti fosil kayu. Kalau ini memang fosil kayu, bisa kita bayangkan berapa besar kayunya,” kata dia lagi.

Heri juga berharap kepada masyarakat dan Pemkab Tebo agar melestarikan dan mempromosikan keberadaan air terjun tersebut. Agar kedepanya bisa dijadikan salah satu objek wisata di Jambi khusunya di Tebo.

“Ini sangat potensi sekali untuk dikembangkan,” tuntasnya. (crew)


Related News