Hati - Hati Terkena Duri Buah Naga, Bisa Timbulkan Penyakit Akut

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Buah Naga (Pitaya - red), adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah Naga ini, sangat bermanfaat dan besar manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan untuk pengobatan berbagai penyakit kronis.

Namun, dibalik manfaat buah ini ternyata durinya bisa berbahaya apabila menggores dan melukai organ tubuh  manusia. Kepala Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Rimbo Bujang Wardoyo, menuturkan seputar pengalaman yang menimpa dirinya menderita penyakit gara - gara tertusuk duri buah naga.

”Ya, berkebun atau membudidayakan tanaman buah naga sangat asyik dan usaha yang menjanjikan. Selain hasilnya bisa untuk menambah penghasilan ekonomi kelurga dan buah naga bermanfaat untuk kesehatan keluarga. Namun, berkebun buah naga juga ada resikonya karena duri buah naga bisa berbahaya bila mengenai atau menusuk badan,” ujar Kepala BPP Rimbo Bujang Wardoyo, pada teboonline.com Selasa (19/4).

Imbuh Wardoyo, tahun 2012 yang lalu dirinya terkena duri buah naga tepat dibagian tangan dan lehernya, pada saat ia membersihkan dan memotong Sulur pohon buah naga miliknya. Paska terkena duri buah naga, Wardoyo merasakan badannya demam panas.

”Habis terkena duri buah naga, badan Saya deman panas. Bekas yang kena duri memerah dan benjol terasa gatal dan panas,” katanya.

Dikatakannya, penyakit yang diderita akibat terkena duri buah naga tak kunjung sembuh. Kendati usaha yang ditempuh, melalui Tabib dan Medis sampai saat sekarang ini belum menuai kesembuhan dan bekas tusukan duri buah naga menjadi koreng seperti kurap atau kadas.

”Sudah empat tahun penyakit koreng saya ini belum juga sembuh dan bermacam obat sudah Saya coba. Saya himbau kepada warga yang membudidayakan tanaman buah naga, pada saat merawat dan memotong sulur buah naga agar mengenakan jaket kulit, sarung tangan kulit dan memakai Helm Cakil untuk menghindari terkena duri buah naga," pungkas Wardoyo meyakinkan. (asa/zam)

Related News