Di Tebo, Banyak Kepala Sekolah Yang Habis Periodenya Tapi Masih Menjabat

”Waka DPRD Tebo, Syamsurizal : Kadis Dikbudpora Perlu Tinjau Ulang Masa Jabatan Kepsek Yang Telah Melebihi Periode.”

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO -Sejumlah Kepala Sekolah di Kabupaten Tebo ditengarai telah melampaui batas masa jabatannya dan penugasannya. Padahal, dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 masa Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah diberi 1 (satu) kali masa tugas selama 4 (empat) Tahun.

Dalam Permendiknas tersebut juga dijelaskan masa tugas Kepala Sekolah dapat diperpanjang untuk 1 (satu) kali masa tugas apabila memiliki prestasi atau kompetensi kinerja minimal baik berdasarkan penilaian kerja.

Sementara, sejumlah Kepsek di Tebo, ditengarai telah melaksanakan tugasnya sebagai Kepsek lebih dari Sembilan Tahun.

Berdasarkan informasi yang didapat Teboonline.com, salah satu Kepsek SMA Negeri di Tebo berinisial FD yang telah menjabat lebih dari Delapan Tahun, di Kecamatan Rimbo Ulu Kepsek SD Negeri tiga orang, untuk Kecamatan Rimbo Bujang ada sekitar empat orang Kepsek SD Negeri, bahkan salah satunya telah menjabat sebagai Kepsek di salah satu SDN di Rimbo Ulu selama 16 Tahun.

Zamani S.Pd M.Si, salah seorang pemerhati Pendidikan di Kabupaten Tebo mengungkapkan aturan Jabatan Kepala Sekolah sudah seharusnya diterapkan sesuai dengan Permen yang ada agar adanya penyegaran.

"Permennya kan sudah ada, tinggal diterapkan saja, karena itu juga untuk sebuah penyegaran," ungkap Zamani pada tebooline.com, Selasa (26/4)

Sementara itu, Syamsu Rizal, Wakil Ketua DPRD Tebo dari Fraksi Partai Demokrat menilai, jika jabatan Kepsek yang telah habis masa jabatannya harus ditinjau ulang oleh Dinas terkait atau diganti sehingga tidak melanggar Permendikbud yang dapat menimbulkan kecemburuan sosial.


"Dinas terkait selaku Stake holder dalam hal ini Dikbudpora Tebo, harus mengambil tindakan supaya tidak melanggar Permendikbud serta tidak menimbulkan kesenjangan kecemburuan sosial sesama pendidik," pungkas Syamsurizal. (zam)

Related News