Data Penerima Raskin Rimbo Bujang Masih Rancu

SUWANDI.
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Sebuah Perusahaan Umum (Perum) Milik Negara Badan Urusan Logistik (Bulog) melalui Depot Logistik (Dolog) merupakan Lembaga pangan Indonesia yang mengurusi tata niaga beras.

 Diketahui Dolog Muara Bungo, yang menyalurkan beras untuk keluarga miskin (Raskin) di Kabupten Bungo dan Tebo mengacu pada daftar Raskin atau Pagu yang sudah ada (lama-red).

Sehingga, tidak sesuai lagi dengan fakta dilapangan seperti masih banyak warga miskin tidak menerima Raskin dan warga miskin sudah berubah Status menjadi mampu, tetapi masih tetap menerima Raskin serta masih ada lagi problematika lainnya terkait Raskin.

Penyaluran Raskin di tujuh desa satu kelurahan dalam wilayah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, masih mengacu pada daftar Raskin (Pagu lama-red). ” Benar alokasi atau penyaluran Raskin dari Dolog Muara Bungo masih mengacu dengan Pagu lama,” ungkap Plt Kasi Ekbang Kecamatan Rimbo Bujang, H.Suwandi saat ditemui teboonline.com diruang kerjanya, Kamis (21/4).

Dikatakannya, untuk alokasi penyaluran Raskin di Kecamatan Rimbo Bujang sebanyak 1577 Kepala keluarga (KK) 283.860 Kg Raskin setiap Tri Wulan. Harga Standar patokan Raskin dari Dolog Muara Bungo Rp 1600 per Kg dan pelunasan pembayaran beras Raskin dari desa/kelurahan ke Dolog Muara Bungo melalui Plt Kasi Ekbang Kantor Camat Rimbo Bujang, dengan jangka waktu tujuh hari (Seminggu-red) terhitung sejak Raskin disalurkan ke Warga.   

"Data Raskin lama (Pagu-red) sudah tidak sesuai lagi dilapangan. Kepada Kades/Lurah, supaya mengecek kembali keakuratan data Raskin di wilayahnya. Kalau memang, ada warga penerima Raskin berubah Statusnya menjadi warga mampu supaya dicoret digantikan ke warga tidak mampu atau miskin, tentunya melalui musyawarah warga setempat. Untuk penyetoran pembayaran beras Raskin di Rimbo Bujang masih lancar, walaupun ada juga keterlambatan penyetoran dari beberapa desa. Namun akhirnya lunas juga,” pungkas H.Suwandi. (asa/zam)

Related News