30 April, Pilkades Serentak Di Tebo Digelar

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tebo sudah diambang pintu, tercatat ada 42 Desa yang telah siap menggelar Pilkades serentak pada tanggal 30 April 2016.               

Untuk Kecamatan Rimbo IIir, ada 5 Desa yang akan menggelar Pilkdes yakni Desa Sidorejo, Desa Pulungrejo, Desa Karangdadi, Desa Giripurno dan Desa Sarimulya. Sedangkan untuk Kecamatan Rimbo Bujang yang ikut Pilkades hanya 1 Desa yaitu Desa Pematang Sapat. Dan untuk Kecamatan Rimbo Ulu juga 1 Desa, yaitu Desa Sungai Pandan.

Camat Rimbo Ilir Supriyanto dikonfirmasi mengatakan, membenarkan ada 5 Desa di Wilayahnya yang ikut melaksanakan Pilkades serentak pada tanggal 30 Aril 2016 ini. Pada H - 2 ini situasi di 5 Desa Kecamatan Rimbo Ilir yang akan menggelar Pilkades Situasi Kamtibmas Kondusif.   

H-2 pemilihan suara di lima Desa peserta Pilkades Rimbo Ilir masyarakatnya menghormati hari tenang tidak ada melakukan kampanye dari masing-masing Kandidat. Sementara, sudah menjadi tradisi di Rimbo Ulu pada Malam H - 1 pencoblosan suara, warganya berkumpul di Rumah Calon Kades atau dalam tradisi bahasa Jawa Melek - melek.

”Kita himbau kepada masyarakat yang mempunyai hak pilih, supaya memberikan hak suaranya di TPS sesuai hati nurani dan tetap menjaga kamtibmas persatuan dan kesatuan," tutur Camat Rimbo Ilir, Supriyanto pada Teboonline.com, Kamis (27/4).

Sementara, Camat Rimbo Bujang Sukiman dikonfirmasi menyebutkan, Pilkades merupakan amanat undang - undang dalam proses  Demokrasi harus disukseskan. Untuk Rimbo Bujang hanya 1 Desa Pematang Sapat yang ikut Pilkades Serentak. Sampai H-2 pemberian suara di TPS, Situasi Kamtibmas aman terkendali.

”Dihimbau kepada masyarakat Desa Pematang Sapat yang terdaftar dalam DPT dan mempunyai hak pilih, supaya datang ke TPS 30 April 2016 untuk memberikan hak suaranya sesuai pilihannya Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber) dan tetap menjaga persatuan kesatuan msyarakat,” himbau Camat Rimbo Bujang, Sukiman.

Hal senada, disampaikan Camat Rimbo Ulu Ratno Suwandi, menghimbau kepada masyarakat Desa Sungai Pandan yang terdaftar dalam DPT Pilkades supaya memberikan hak suaranya di TPS 30 April 2016 sesuai pilihan hati nurani dan Luber.

"Masyarakat Desa Sungai Pandan yang punya hak pilih jangan Golput, datangi TPS pada 30 April 2016, berikan hak suranya sesuai pilihannya secara Luber,” pungkas Camat Rimbo Ulu, Ratno Suwandi. (asa/zam)

Related News