LAMJ Rimbo Bujang, Ajak Komunitas Seni Tampilkan Budaya Sopan

SRIYONO.
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Lembaga Adat Melayu Jambi (LAMJ) Kecamatan Rimbo Bujang, soroti penampilan awak seni yang tampil dipanggung pada umumnya band atau Organ tunggal yang artisnya berpakaian tidak seronok alias tidak sopan dan tidak sesuai dengan pandangan agama, adat dan budaya bangsa Indonesia.

Menyoroti awak seni, yang tampil di atas panggung dengan berpakaian melampaui batas kesopanan seperti pakaian yang memamerkan keindahan bentuk tubuh (artis-red) sudah tidak dapat terbendung lagi seiring arus kemajuan zaman. Terkait hal tersebut, LAMJ Rimbo Bujang sangat perihatin.

”Kita minta, kepada komunitas seni yang ada di Rimbo Bujang supaya dengan penuh kesadaran untuk merobah paradigma penampilan pakaian yang tidak sopan, untuk menuju perubahan lebih sopan yang tidak bertentangan dengan pandangan agama dan adat," ungkap Sriyono, Ketua LAMJ Rimbo Bujang pada teboonline.com, Kamis (31/3).

Ditambahkan oleh Sriyono, kesenian tradisional yang ada dari sabang sampai Marauke, baik dalam bentuk tarian dan lainnya harus di lestarikan. Pada umumnya, Kesenian daerah yang ada peninggalan dari leluhur bangsa Indonesia mengacu pada cerminan kesopanan.

"Kita berharap kepada masyarakat, yang menggelar pesta atau hajatan seperti pengantinan agar yang pertama kali menampilkan pakaian adat melayu Jambi dan dilanjutkan dengan pakaiaan adat yang ada,” pungkas Sriyono,  Ketua LMAJ Rimbo Bujang. (asa/zam)

Related News