PMI Tebo, Gratiskan Operasi Bibir Sumbing

Ilustrasi.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pendampingan Oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tebo dalam mewujudkan misi - misi kemanusiaan di tahun 2016 PMI Tebo ditengah keterbatasan sarana dan prassarana yang dimiliki, mampu mewujudkan berbagai program sosial kemanusiaan.

Setelah melakukan pengobatan gratis di 9 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Tebo, dengan total jumlah pasien mencapai 1500 Jiwa dan Edukasi pencegahan kebakaran hutan atau Lahan serta Promosi Kesehatan pada kurun waktu bulan Januari 2016.

Direncanakan, PMI Tebo akan kembali mengadakan program Operasi Bibir Sumbing Gratis bekerjasama dengan Smile Train dan Rumah Sakit Sungai Dareh hingga dipenghujung tahun 2016. Pada bulan Januari 2016 ini PMI Tebo, telah mengadakan program Pengobatan Gratis dan selanjutnya Operasi Bibir Sumbing Gratis, sejauh ini telah memberangkatkan dua orang pasien.

Diungkakpan Rohmat, Kepala Devisi Pelaayanan Sosial dan maasyarakat, Teknis program Operasi Bibir Sumbing terus disempurnakan oleh PMI Kabupaten Tebo. Teknis program akan terus di kembangkan agar target  pemberangkatan 10 orang pasien per bulan tercapai. untuk pasien yang akan mendaftarkan diri cukup mudah hanya mengirimkan KTP dan KK ke Markas PMI Kabupaten Tebo selanjutnya akan didata dan dilaporkan ke pihak terkait untuk proses selanjutnya.

”Berbicara mengenai sistem administrasi PMI Kabupaten Tebo tidak memungut biaya dari Pasien dan biaya masih dibebankan dengan khas PMI Kabupaten Tebo," ujar Rohmat.

"Mengenai pemberangkatan pasien, tidak dipungut biaya, namun untuk biaya konsumsi selama disana ditanggung oleh pihak keluarga pasien dikarenakan keuangan PMI  sangat terbatas, sementara dukungan Pemda Tebo masih minim,” ungkap Eni Susanti, Selaku Kepala Divisi Keuangan Markas PMI Kabupaten Tebo.

Untuk diketahui, kemungkinan besar nantinya PMI Tebo, akan mengurangi target pencapaian untuk program ini ataupun biaya transportasi dibebankan kepada pihak keluarga pasien. (asa)

Related News