Bupati Tebo Panen Perdana Kedelai Di Desa Sekutur Jaya

Bupati Tebo H Sukandar, anggota DPRRI Komisi IV Saniatul Lativa, Kasubdit Dirjen Irigasi dan Ketahan
Pangan Kementerian Pertanian Triyono, Kadis Pertanian Propinsi Amrin Aziz dan Dandim Bungo Tebo lakukan panen perdana Kedelai di desa Sekutur Jaya Kecamatan Serai Serumpun.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Bupati Tebo H Sukandar bersama anggota DPR RI Komisi IV Saniatul Lativa, Dirjen Irigasi dan Pertahanan Pangan Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Propinsi dan Dandim Bungo Tebo, Minggu (14/2) melakukan panen perdana Kedelai di desa Sekutur Jaya Kecamatan Serai Serumpun seluas 500 Hektar.

Dalam sambutannya dihadapan para petani Kedelai yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Usaha Maju Bersama (UMB), Bupati meluapkan rasa haru dan bangganya karena ditengah musibah manjir yang melanda beberapa desa di Kabupaten Tebo yang terjadi saat ini, petani di desa Sekutur Jaya bisa menanam Kedelai hingga panen perdana seluas 500 Hektar.

“Ini adalah nikmat yang patut kita bersyukur, untuk itu mari kita laksanakan tugas dan tanggung jawab terhadap ketahanan pangan dengan sinergi antara Pemerintah Daerah Tebo, Propinsi dan pusat,” ujar Sukandar pada kesempatan itu.

Bupati juga berharap, kepada pihak Balai Pusat Statistik (BPS) untuk selalu memberi informasi kepada para petani tentang situasi dan kondisi agar petani dapat panen sesuai harapan. Kepada PPL, Bupati Tebo juga menekankan agar selalu mendampingi petani mulai dari masa tanam, menunggu masa panen hingga panen.

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi IV Saniatul Lativa dalam sambutannya menyampaikan bahwa apa yang dibina selama ini sudah diwujudkan oleh para petani Kedelai dimana tanah yang ditanam awalnya terjal.

“Kita bisa menjadi eksportir Kedelai dan bila serius ini akan terwujud. Pemerintah agar tetap semangat dengan memberikan ilmu pengetahuan sesuai dengan kemampuan dan skil para petani,” kata Saniatul.

Dalam rangkaian panen perdana Kedelai ini, sebelum acara sambutan – sambutan, Bupati Tebo beserta rombongan melakukan panen Kedelai langsung bersama di lokasi pertanian Kedelai dengan disaksikan oleh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tebo, Ir Sarjono dalam sambutannya juga memaparkan bahwa lokasi penanaman Kedelai ini adalah lahan tumpang sari antara Karet dan Sawit dan benih Kedelai yang ditanam ini bersertifikat dan bisa untuk benih kembali.

“Petani UMB ini sebelumnya pernah menanam Kedelai namun gagal dan pada panen Kedelai perdana ini lokasinya sebagai lahan tanaman pangan abadi serta menjadi sentra Kedelai di Propinsi Jambi bahkan nasional dan pada tahun 2016, rencana tanam Kedelai seluas 4000 Hektar,” pungkas Sarjono. (crew) 

Related News