Sunday, February 21, 2016

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Perebutan kursi Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Tebo untuk periode 2016-2021, menjelang dilaksanakan Musyawarah Daerah(Musda) ke-IV pada tanggal 24 Februari 2016 terlihat seru, karena ada 8 orang kader yang menyatakan maju atau mencalonkan diri menjadi Ketua DPD PAN Tebo.

Sejauh ini, sejak dibuka pendaftaran sebagai calon Ketua DPD PAN Tebo oleh sekretriat PAN mulai dari tanggal 8-19 Februari 2016, itu tercatat sekitar 8 orang yang telah mendaftar dan mengambil formulir serta menyerahkan kembali formulir ke panitia.

Hal itu disampaikan oleh Amrizal, selaku Ketua Panitia Pendaftran Calon DPD PAN Tebo, yang mendaftar serta mengembalikan formulir itu terdiri dari Hamin, Nuryamin, Harmalini, Amrizal, Suhendri, Syamsul Bahri, Sibarani dan Marzuk dan para calon juga telah mengembalikan formulir pendaftaran.

Hanya delapan orang yang daftar serta mengambil formulir sebagai calon Ketua DPD PAN Tebo termasuk sayo sendiri, hingga sampai tanggal 19 Februari atau penutupan pendaftaran tidak terlihat lagi yang mengambil formulir,” kata Amrizal yang nota bene adalah Sekjend DPD PAN Tebo.

Semua berkas para calon Ketua DPD PAN yang telah daftar dan disampaikan ke Jambi di DPW (Dewan Pengurus Wilayah) PAN Provinsi Jambi, bahwa yang menentukan lolos dan layak atau tidak untuk dicalonkan menjadi DPD itu ditingkat DPW yang menyeleksi serta menentukan.

Sebab, di DPD hanya sebatas membuka pendaftaran juga menerima berkas calon, tentu setelah berkas calon dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat baru disampaikan ke DPW.

Jadi, DPD tidak punya kewenangan untuk meloloskan serta membatalkan para calon yang ingin menjadi Ketua DPD PAN Tebo, kita sebatas membuka pendaftaran admistrasi saja,” paparnya.

Dikatakan Amrizal lagi, yang menjadi syarat untuk bisa mencalonkan diri sebagai Ketua DPD PAN itu mulai dari pendidikan terendah tamatan SMA, tidak pernah dihukum, keterangan kesehatan, pernah ikut pengkaderan dibukti dengan piagam serta memiliki KTA Kartu Tanda Anggota) terhitung salama dua tahun, itulah syarat yang harus dipenuhui para calon.

Mengenai pelaksanaan Musda ke-IV DPD PAN Tebo akan dimulai pada tanggal 24 Februari 2016 bertempat di kantor sekretriat DPD PAN Tebo.

Untuk diketahui dari nama-nama calon DPD diatas tampak nama mantan Ketua DPD PAN Tebo, Syamsul Bahri ikut meramaikan perebutan kursi Ketua DPD, walaupun harus tetap bertaruh dengan calon Ketua DPD pertahan, Hamin dan malah tidak kalah pentingnya kader PAN yang duduk di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Tebo seperti Nuryamin, Harmalini dan Suhendri juga punya ambisi untuk menjadi Ketua DPD PAN Tebo.

Namun, calon yang lain cukup diperhitungkan seperti Amrizal yang masih menjabat sebagai Sekjen DPD PAN Tebo mempunyai nilai jual untuk menjadi Ketua DPD, dan ternyata tidak hanya pengurus teras partai DPD saja yang melirik posisi kursi Ketua DPD malah dari Ketua DPC tingkat kecamatan tertarik untuk bersaing seperti Marzuk dan Sibarani.(crew)