Wednesday, January 6, 2016

Ilustrasi
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Kehadiran PT Alam Bukit Tiga Puluh (ABT) dengan program restorasi hutan di kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT), yang memiliki izin lahan puluhan ribu hektar di wilayah Kabupaten Tebo, mulai menuai penolakan dari masyarakat adat dan Suku Anak Dalam (SAD) Tebo. 

Alasannya, keberadaan peruaahaan tersebut bakal merusak tatanan adat disekitar kawasan TNBT tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Oktaviandi Muklis, salah satu pendamping SAD Muara Kilis.

Menurut dia, warga atau kelompok SAD sangat menghargai kearifan hutan. Dengan keberadaan PT ABT saat ini, dikhawatirkan akan merusak kearifan hutan. Ditambah lagi lokasi atau lahan SAD masuk dalam izin PT ABT.

"Ini yang bakal menimbulkan konflik baru. Warga SAD bakal menolak keberadaan perusahaan tersebut, karena lahan mereka masuk kedalam izin PT ABT," tuturnya.

Bahkan, kata Andi lagi, sapaan akrab Oktaviandi Muklis, warga suku Talang Mamak dusun Simerantihan desa Suo-Suo Kecamatan Sumay sudah membuat pernyataan tertulis penolakan keberadaan PT ABT tersebut, dan pernyataan tersebut bakal diikuti oleh SAD Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir. 

"Penolakan keberadaan dan aktivitas PT ABT ini bakal bermunculan, karena warga adat dan SAD tidak menerima kehadiran PT ABT tersebut," tuturnya.

Untuk itu, Andi minta kepada Bupati Tebo harus memberikan rekomendasi pada Menteri KLH untuk mencabut izin PT ABT. 

"Ruang lingkup hidup kelompok SAD dan masyarakat semakin sempit, makanya sering terjadi konflik sosial antara kelompok SAD dan warga. Sekarang malah ada izin PT ABT yang membuat ruang lingkup mereka (SAD dan warga,red) semakin sempit. Ini yang bakal menimbulkan konflik baru yang tidak berkesudahan," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Hatta, Kadus Semerantihan Desa Suo-Suo Kecamatan Sumay. Dia mengaku jika seluruh masyarakat adat dusun Semerantihan menolak PT ABT masuk ke dusun Simerantihan. 

"Kita akan melawan kehadiran PT ABT. Kita tidak ingin mereka (PT ABT,red) menguasai hutan Tebo," pungkasnya. (crew)