Puskesmas Rimbo Bujang II Akui Gafatar Pernah Minta Kerja Sama Pengobatan Gratis

dr.RIANA
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Kepala Puskesmas Rimbo Bujang II Kabupaten Tebo, dr Riana menyatakan bahwa Ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) DPK Kabupaten Tebo pernah mendatangi Puskesmas Rimbo Bujang II sekitar bulan April 2015 lalu.

Kedatangan Ormas Gafatar yang dipimpin langsung oleh Bambang Hadi Saputra selaku ketua Gafatar Tebo, permohonan bantuan kerja sama dalam kegiatan pengobatan gratis di desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang.

Karena wilayah desa Perintis  termasuk dalam wilayah dinas Puskesmas Rimbo Bujang II, maka pihak Puskesmas Rimbo Bujang II pun menerima permohonan tersebut dan pengobatan gratis yang digelar oleh Ormas Gafatar di desa Perintis pun terlaksana.

“Pihak Puskesmas Rimbo Bujang II kapasitasnya disana hanya sebagai pelayanan kesehatan kepada masyarakat saja, karena Ormas Gafatar pada saat itu minta kerja sama untuk pelayanan kesehatan gratis seperti cek Gula Darah dan sebagainya,” ujar dr Riana saat ditemui Teboonline.com di Puskesmas beralamat di Kelurahan Wirotho Agung, Selasa (19/1).

Pada saat kedatangan Gafatar ke Puskesmas lanjut Riana, pihaknya terlebih dahulu mempertanyakan tentang status Gafatar apakah terkait Politik atau lainnya. Jawaban Gafatar, mereka adalah Ormas seperti pada umumnya yang akan membantu masyarakat.

“Waktu itu kami juga tidak tahu kalau Ormas Gafatar ini aliran terlarang seperti yang ramai diberitakan,” jelas Riana.

Namun tambahnya, sejak Gafatar ramai diberitakan di media, pihaknya sudah melapor ke Dinas Kesehatan Tebo dan Kesbangpol untuk berkoordinasi. Hasil koordinasinya, untuk kedepannya apabila ada Ormas atau kelompok lainnya ingin menggelar kegiatan pengobatan gratis yang akan melibatkan pihak Puskesmas, harus ada rekomendasi dulu dari Dinas Kesehatan dan Kesbangpol. (crew)
    


Related News