Langgar Perda, Lurah Wirotho Agung Perintahkan Warga Bongkar Bangunan Liar

Sebelah kanan tampak bangunan liar terbuat dari papan yang dibangun oleh warga diatas tanah Fasum
di jalan RA Kartini Wirotho Agung.
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Merupakan fenomena dan fakta di lapangan, bangunan liar yang ada diatas tanah pemerintah atau tanah Fasilitas umum (Fasum) di Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, kian menjamur.

Seperti, sebuah bangunan baru terbuat dari Papan layaknya rumah di atas Tanah Fasum, tepatnya di belakang eks Pos TPR Jalan RA Kartini Kelurahan Wirotho Agung. "Berdasarkan pengecekan kami di lapangan, memang benar ada bangunan liar diatas Tanah Fasum di belakang TPR Jalan 8 Wirotho Agung,” terang Sedjarijo, Lurah Wirotho Agung, pada Teboonline.com, Rabu (13/1).

Imbuh Lurah Soedjarijo, pihak Pemerintah Kelurahan Wiroto Agung, setelah melakukan pengecekan kelapangan dan selanjutnya membuat Surat Teguran yang Pertama kepada warga pemilik bangunan liar.

"Kami sudah membuat Surat teguran kepada pemilik bangunan liar diatas tanah Fasum tersebut, untuk segera membongkar bangunan miliknya yang sudah terang - terangan melanggar peraturan yang ada,” ujar Lurah.

Lanjutnya, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tebo Nomor 03 tentang ketertiban umum, pasal 2 ayat 1 tentang ketertiban bangunan. ”Berdasarkan Perda yang ada, badan maupun perseorangan dilarang mendirikan bangunan diatas tanah Fasum tanpa mendapatkan Surat izin terlebih dahulu," tandas Lurah Soedjarijo.

Hasil informasi, yang dihimpun Teboonline.com dilapangan, sebuah bangunan layaknya rumah di belakang TPR Jalan 8 Wirotho Agung, ada pihak yang mengklaim dibangun untuk perkantoran Karang Taruna Jalan 8.

Sementara, Camat Rimbo Bujang dan Lurah Wirotho Agung, menyatakan tidak pernah memberikan izin dan menerima laporan dari pihak Karang Taruna terkait bangunan yang ada di tanah Fasum tersebut. (zam/asa)

Related News