Sunday, January 17, 2016

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Saat ini, Kantor Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (KPM-PPT) Kabupaten Tebo tidak lagi mengeluarkan izin penggunaan air bawah tanah untuk depot air minum, izin yang dikeluarkan hanya sebatas Surat Izin Tempat Usaha (SITU). Hal ini dikatakan oleh Kepala KPM-PPT, Suhut beberapa waktu lalu.

Menurut Suhut, selama tahun 2015 ini untuk perizinan usaha yang dikeluarkan KPM-PPT yaitu sebanyak 684 izin, dan itu adalah izin tempat usaha, sedang khusus untuk izin penggunaan air bawah tanah, seperti depot air minum tidak lagi menjadi kewenangan KPM-PPT.

"Untuk depot kita belum ada mengeluarkan izin di tahun 2015, yang ada izin SITU sekitar tiga. Kalau izin penggunaan air bawah tanah itu dikeluarkan oleh provinsi," ujar Suhut.

Diakui Suhut lagi, soal perizinan tempat usaha ini masih sangat rendah kesadaran pengusaha untuk mengurus perizinan, karena itu di tahun 2016 ini setiap minggu KPM-PPT akan turun kepada pemilik usaha untuk mempertanyakan perizinan, termasuk dengan IMB.

"Kita akan turun cek SITU dan IMB, Program ini akan dimulai pada bulan februari nanti," sebutnya.

Sementara itu, sekedar mengingatkan bahwa pada tahun lalu Kepala Dinas Kesehatan Tebo, Ridwan menyatakan dari 119 depot air minum isi ulang di Tebo hanya 50 persen yang lakukan uji Lab oleh Dinkes di BPOM Jambi.

"Sebelum penerbitan izin, pengusaha harus lakukan uji laboratorium tiga bulan sekali, tapi kendala anggaran kita terbatas, jadi sulit untuk melakukan sepenuhnya, karena kita harus turun mengambil sampelnya," pungkas Ridwan. (crew)