Friday, January 15, 2016

Staf Dinas Pertannian Tebo saat turun ke kelompok tani di Rimbo Bujang.
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Tebo, turun langsung kelapangan meninjau lokasi atau lahan milik Kelompok Tani yang ada di kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, yang direncanakan akan di tanami Cabe dalam rangka program Upaya Husus Bawang Cabe Jeruk (Upsus Baberuk) Tahun 2016 Diperta Kabupaten Tebo.

Petugas Diperta Kabuten Tebo Andi Afriansyah Yusra,SP di dampingi Kepala BPP Rimbo Bujang Wardoyo,SPKP, PPL Pertanian Wirotho Agung Anik Nurhidayah,A.Md, Lurah Wirotho Agung Soedjarijo, Babinsa Wirotho Agung Pelda Rustam Ishak dan Kasi Pemerintahan Amir Said, meninjau lokasi yang akan di tanami Cabe milik Kelompok Tani.

Rombongan Diperta ini juga meninjau kebun jagung milik Kelompok Tani Margo Rukun I Jalan Tengku Umar yang di Ketuai olegh Buyadi dan kebun jagung Kelompok Tani Harapan Maju jalan M.Hatta Wirotho Agung yang di Ketuai oleh Senen.

"Kita meninjau langsung ke lokasi Kelompok Tani di Wirotho Agung, untuk mendapatkan data yang akurat Kelompok Tani  yang akan mendapat bantuan Bibit Cabe, dalam rangka Progam Upsus Baberuk tahun 2016," ungkap Andi Afriansyah Yusra, Staf Diperta Kabupaten Tebo, pada Teboonline.com, Jumat (15/1).

Imbuh Andi, untuk Program Upsus Baberuk tahun 2016 ini dipersiapkan lahan seluas 25 Hektar milik Kelompok Tani yang ada di wilayah Kabupaten Tebo, yang akan mendpat bantuan bibit cabe dan pembinaan oleh Diperta Tebo.

"Benar, Diperta Tebo dengan program prioritas Upsus Baberuk tahun 2016, husus tanaman Cabe seluas 25 hektar  milik Kelompok Tani di Tebo, akan mendapat bantuan bibit cabe dari Diperta, ” jelas Andi.

Kepala BPP Rimbo Bujang Wardoyo di konfirmasi mengatakan, pihaknya berharap agar Kelompok Tani yang produktif benar - benar melaksanakan program pemerintah dibidang pertanian menuju Kelompok Tani yang handal dan profesional.

”Kita berharap, supaya para Kelompok Tani mengikuti Juknis dari PPL Pertanian yang ada dalam hal bercocok tanam, sehingga program Ketahanan pangan yang di dengung - dengungkan di Kabupaten Tebo dapat terwujud,” ujar Wardoyo.

PPL Pertanian Wirotho Agung Anik Nurhidayah menjelaskan tentang program Padi Jagung dan Kedele (Pajale) tahun 2015 yang ada di Wirotho Agung. ”Untuk program Pajale tahun 2015, di Wirotho Agung khusus Tanaman Jagung seluas 17 hektar yang dikelola oleh 13 Kelompok Tani. Sedangkan untuk program Upsus Baberuk 2016, Diperta Tebo, akan menyalurkan bibit cabe seluas 2 hektar yang diperuntukkan Kelompok Tani (satu Kelurahan/Desa-red)," terang PPL Anik Nurhidayah.

Sementara itu, Lurah Wiroto Agung menyebutkan, piihaknya sangat mendukung program Diperta Tebo dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan menuju Swasembada pangan dimasa mendatang,

"Saya Mengajak kepada masyarakat petani kebun di Wirotho Agung, supaya sadar bisa menyisihkan sebagian lahan perkebunannya untuk dijadikan lahan atau ladang ditanami Pajale dan Baberuk, untuk menopang ekonomi keluarga," harap Lurah Soedjarijo. (asa/zam)