Tersangka Kasus Pembakaran Lahan Di TeboTerus Dikembangkan


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Satu dari dua tersangka pembakaran lahan di Kabupaten Tebo sedang dalam proses di pengadilan. 

Tersangka tersebut ialah Marjono (39 th) yang merupakan warga dusun Tambak Sari desa Sungai Aro Kecamatan Tebo ulu. Tersangka ini terbukti melakukan pembakaran lahan, bahkan hingga merembet ke perkebunan sawit milik TAL.

Hal tersebut dikatakan Kasi Pidum Kejari Tebo, David ketika dijumpai di ruang kerjanya beberapa hari yang lalu. Dirinya mengatakajn bahwa satu dari dua tersangka pembakaran lahan saat ini sedang dalam persidangan.
“Untuk tersangka Marjono saat ini sedang dalam persidangan,” ujar David Teboonline.com.

Sedangkan tersangka lainnya, Cipriano Purba (45 th), merupakan Manager Operasional/Kebun PT TAL (Tebo Alam Lestari) saat ini sedang dalam proses pemberkasan dan dalam waktu dekat juga akan segera dilimpahkan ke pengadilan. 

“Untuk tersangkan Ciriano yaitu manager PT TAL, dalam waktu dekat juga akan segera kita limpahkan ke Pengadilan," ungkap David.

David juga menjelaskan bahwa saat ini berkas tersangka Cipriano masih dilengkapi. Namun dirinya memastikan dalam waktu dekat akan lengkap (P21) dan akan segera dilimpahkan ke Pengadilan. 

“Yang jelas dalam waktu dekat akan P21 dan segera kita limpahkan ke Pengadilan,” tuntas David.

Perlu diketahui bahwa pembakaran lahan beberapa waktu lalu yang mengakibatkan kabut asap di wilayah Kabupaten Tebo. Dari kasus tersebut, kemudian Polres menetapkan dua tersangka yaitu yang pertama bernama Cipriano Purba (45 th), merupakan manager operasional/kebun PT TAL (Tebo alam lestari) yang merupakan warga asli Jogja dengan Alamat siyangan RT 003, RW 02 desa triharjo kecamatan pandak kabupaten bantul provinsi DI yogyakarta dan untuk keseharian pelaku tinggal di Base camp PT TAL desa semambu RT 06 kecamatan sumay, kabupaten Tebo.

Dalam berkas BAP, tersangka terbukti membakar lahan Lebih kurang 30 hektar wilayah divisi - I afdeling 3 wilayah mendelang.

Selanjutnya,Pelaku kedua bernama Marjono (39 th) yang merupakan warga dusun tambak sari desa sungai aro kecamatan Tebo ulu. Tersangka ini terbukti melakukan pembakaran lahan, bahkan hingga merembet ke perkebunansawit milik TAL.

Kedua tersangka diduga sudah melakukan tindak pidana dengan sengaja melakukan perbuatan yang mengakibatkan dilampauinya baku mutu udara ambien, baku mutu air, dan melakukan pembakaran lahan.

Perlu diketahui, Setiap pelaku usaha perkebunan dilarang melakukan pembakaran membuka lahan sebagaimana dimaksud dalam ayat 98 ayat (1) Jo pasal 99 ayat (1) dama/atau pasal 108 UURI no.32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sub pasal 56 ayat (1), (2) Jo pasal 108 UURI no. 39 tahun 2014 tentang perkebunan. (us)

Related News