Tahun Depan, 1.338 Linmas Tebo Akan Dapat Pembinaan

TAUFIK KHALDY.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Menghadapi Pilbup Tebo 2017 mendatang, Sat Pol PP Tebo sudah mulai berbenah demi menjaga keamanan dan ketertiban. Tidak Tanggung-tanggung, Sat Pol PP Tebo akan melakukan pembinaan terhadap 1.338 Linmas yang tersebar di 107 desa se-Kabupaten Tebo.

Hal tersebut langsung disampaikan Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tebo, Taufik Khaldi ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/12). Dirinya memaparkan bahwa sesuai dengan aturan yang berlaku saat ini, bahwa sat Pol PP bertanggung jawab membina Linmas agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan benar.

"Selama ini Linmas Dibawah Kesbangpol, namun mulai 2013 lalu, Linmas sudah dibawah kita, dan mulai tahun 2016 nanti, kita akan melakukan pembinaan terhadap Linmas yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Tebo," papar Taufik pada Teboonline.com.

Karena kurangnya pemberdayaan Linmas selama ini di Pemerintahan Desa, Pihak Sat Pol PP akan berkoordinasi dengan pihak KPU untuk mendapatkan data Linmas bertugas menjaga TPS pada setiap pemilu.

"Hanya segelintir desa yang Linmasnya aktif dan berfungsi dengan baik, untuk itu kita akan berkoordinasi dengan pihak KPU, karena setia TPS kan dijaga 2 Linmas, nanti semua Linmas Penjaga TPS akan kita data kemudian akan kita lakukan pelatihan," ujar Taufik Khaldi.

Terkait Jumlah Linmas yang akan mendapat pelatihan, Pihak Sat Pol PP Tebo sudah mendapat gambaran bahwa ada sekitar 669 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tebo dan setiap TPS dijaga 2 Linmas. Artinya ada sekitar 1.338 Linmas yang akan didata dan nantinya akan dibina oleh Sat Pol Tebo.

Selain akan mendapat pelatihan, 1.338 anggota Linmas nantinya juga akan diberikan seragam secara gratis dari Sat Pol PP. Selain untuk menghadapi Pilbup 2017 nanti, Menurut Taufik Khaldi, Pembinaan Linmas ini merupakan upaya untuk mengembalikan tugas dan fungsi linmas yaitu menjaga keamanan dan ketertiban di Desanya nanti.

"1.338 Linmas nanti akan mendapat pelatihan dan seragam, itu semua kita lakukan agar Linmas bisa berfungsi kembali di tengah-tengah masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban," kata Taufik.

Untuk pelaksanaan pembinaan Linmas tersebut, Pihak Satpol PP Tebo sudah menganggarkan pada APBD Tabo 2016. "Untuk pembinaan ini, kita sudah anggarkan, jika nantinya tidak cukup di APBD murni, kita akan menambahnya di APBD perubahan," ungkap Taufik.

"Selain mengembalikan fungsi dan tugas Linmas ditengah masyarakat, dengan adanya pembinaan ini, kita mentargetkan Pilbub Tebo 2017 nanti bisa berjalan aman dan tertib," pungkasnya. (crew)

Related News