Sunday, December 27, 2015


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dari 107 desa di Kabupaten Tebo, masih 1 desa lagi yang belum melakukan pencairan Dana Desa (DD) Tahap II. 

Sementara, 106 desa yang telah melakukan pencairan tahap II, saat ini tengah mempersiapkan pencairan untuk tahap III. Hal itu dikatakan oleh Ansori Kabid Pemdes BPMPD Kabupaten Tebo.

"Pencairan DD tahap pertama sudah semua. Begitu juga dengan tahap II, hanya tinggal satu desa yang belum melakukan pencairan karena SPJ nya belum lengkap," ujar Ansori saat dikonfirmasi Teboonline.com di kantornya, kemarin.

Saat ditanya nama desa yang bekum melakukan pencairan tahap II, Ansori enggan menyebutkan. "Yang jelas satu desa itu belum bisa melakukan pencairan tahap III sebelum menyelesaiakan Spj tahap I," katanya.

Dijelaskannya, untuk proses pencairan tahan III harus dilakukan pada Desember ini. Untuk itu, dia minta kepada seluruh desa agar pro aktif dalam melengkapi berkas atau dokumen untuk pencairan untuk tahap III. 

Dia juga mengatakan jika dana untuk tahap III sudah dikirim oleh pemerintah pusat ke kas daerah untuk diserahkan ke masing-masing desa.

"Dananya sudah ada. Tinggal lagi desanya yang harus aktif mengurus pencairan tahap III," tuturnya.

Ditanya apakah nantinya seluruh desa bakal berhasil melakukan pencairan DD tahap III, "Harapan kita semua desa mampu menyerap semua anggaran hingga pada tahap III. Namun, jika tidak, dananya akan jadi silva dan akan dikembalikan ke kas desa," pungkasnya. (crew)