Monday, December 7, 2015

SUYADI.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Rencana pemekaran desa dan Kelurahan dalam wilayah Kabupaten Tebo yang selama ini masih dalam proses, kini hampir final. 

Pasalnya, pemekaran beberapa desa dan Kecamatan yang sebelumnya diajukan tersebut, tinggal menunggu jadinya Peraturan Bupati Tebo (Perbup).

“Untuk pemekaran desa, semua proses sudah dilalui, sekarang tinggal lagi menunggu dibuatnya Perbup yang mengatur tentang pemekaran desa. Kemungkinan besar, realisasi pemekaran desa dan Kelurahan ini sekitar bulan April 2016,” ujar Sekretaris BPMPD Kabupaten Tebo, Suyadi, saat dikonfirmasi Teboonline.com, Senin (7/12).

Pada bulan April itu lanjut Suyadi, disatu sisi merupakan jadwal digelarnya Pilkades serentak. Ada dua momen di Kabupaten Tebo yang realisasinya bakal beriringan, makanya saat ini, pihak BPMPD tengah mempersiapkan baik itu persiapan untuk Pilkades serentak maupun pemekaran desa dan Kelurahan.

“Antara Pemekaran desa dan Pilkades serentak, itu bakal beriringan karena sesuai jadwal sama – sama pada bulan April tahun depan,” kata Suyadi lagi.

Kata Suyadi, apakah itu akan terlebih dahulu pemekaran desa atau lebih dulu Pilkades serentak, belum tahu. Yang pasti sama – sama pada bulan April. Untuk pemekaran desa, desa yang baru akan dipimpin oleh seorang Pejabat Sementara (Pjs) Kades yang nantinya akan diambil dari PNS.

“Desa yang baru pemekaran untuk sementara akan dipimpin Pjs, bisa jadi Pjsnya PNS dari kantor Camat setempat,” urai Suyadi.

Seperti Kelurahan Wirotho Agung misalnya, disana akan pecah menjadi 3 diantaranya, jalan 1 sampai jalan 4 itu akan menjadi sebuah desa, jalan 5 sampai jalan 9 itu tetap menjadi Kelurahan dan terakhir jalan 10 sampai jalan 13 juga akan menjadi sebuah desa. (crew)