Proyek Pembangunan Embung Air Di Desa Bungo Tanjung DIsorot

Proyek pembangunan Embung air di desa Bungo Tanjung disorot. Karena pada pelaksanaannya
tidak dipasang papan nama proyek.

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Proyek pembangunan  Embung air yang di peruntukkan irigasi yang berlokasi di Desa Bungo Tanjung Kecamatan Tebo Ulu yang pengerjaan fisiknya sudah 70 persen menjadi pertanyaan dan disorot oleh berbagai pihak.

Pasalnya, pelaksana proyek tersebut (Kontraktor-red) semu alias tidak jelas. Buktinya dilapangan, tidak adanya papan nama proyek yang menjelaskan tentang asal proyek, jumlah anggaran dana, Konsultan, kontraktor dan kalender kerja.

Menurut informasi yang dihimpun, bahwa proyek embung air untuk irigasi di Bungo Tanjung ini dibiayai dengan dana ratusan juta rupiah. Namun, sangat disayangkan dan di pertanyakan oleh banyak pihak.

“Bayangkan saja, namanya proyek yang dibangun oleh pemerintah sumber dananya harus transparan, sehingga masyarakat dan semua pihak mengetahui. Untuk itu sangat di perlukan adanya Plang Proyek,“ ujar Bawaihi, Tokoh LSM Kipas NKRI Kabupaten Tebo, pada Teboonline.com, Senin (9/11).

Imbuh Bawaihi, setiap proyek yang dibangun oleh pemerintah, anggaran dananya harus jelas. Masalahnya, saat ini masyarakat sudah sangat kritis dan tidak bisa dibodohi lagi, sumber dana pembangunan yang berasal dari rakyat hasil pembangunannya juga akan dinikmati oleh rakyat, untuk itu rakyat harus tahu.

“Apapun dalihnya, proyek pembangunan embung air di Desa Bungo Tanjung harus di pasang Plang poryek biar tak terkesan proyek siluman,“ tandas Bawaihi, yang juga tokoh masyarakat Tebo Ulu.

Sementara itu, Kades Bungo Tanjung dikonfirmasi mengatakan, pihaknya kurang tahu persis masalah proyek pembangunan embung air di Desanya. Psalnya, ada yang datang melapor kepihak pemerintahan Desa akan mengerjakan proyek embung tersebut. Namun tidak menjelaskan proyek dan kontraktornya dari mana.

“Benar, sampai sekarang ini saya tidak tahu yang mengerjakan proyek embung itu. baik itu Kontraktornya dari mana dan berapa anggaran dananya,“ pungkas Hairul Amri, Kades Bungo Tanjung. (us/asa)

Related News