Pengejaran Tahanan Kabur Lapas Tebo Belum Ada Hasil

Polisi saat olah TKP Pagar Lapas Tebo paska tahanan kabur.

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Hampir satu bulan tahanan Lapas Kelas II B Muara Tebo melarikan diri, hingga saat ini satupun tahanan masih belum berhasil ditemukan dan diamankan. Sementara itu beredar kabar bahwa salah satu tahanan diketahui memiliki banyak mata-mata, sehingga setiap gerak aparat sering diketahui terlebih dahulu.

Kepala Lapas Kelas II B Muara Tebo melalui Kasi Binadik, Saripudin kepada Teboonline.com mengatakan bahwa pihaknya dengan pihak Kepolisian terus melakukan pelacakan dan pengejaran. Sayangnya, satu tahanan yang diketahui keberadaanya sulit untuk ditangkap karena diduga ada mata-mata yang melaporkan gerakan aparat.

"Sampai hari ini yang dua orang kita belum tahu dimana keberadaannya, kalau yang satu orang, yang tinggal di Pelayang kita sempat ketahui, tapi gagal penangkapannya," ungkap Saripudin.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa aparat penegak hukum dari Kepolisian dan Lapas Kelas II B Muara Tebo pada Rabu (28/10) lalu melakukan penggrebekan terhadap salah satu tahanan yang kabur dari Lapas Kelas II B Muara Tebo. Hanya saja pengrebekan tersebut gagal karena tersangka lebih dahulu melarikan diri.

"Tahanan ini diketahui di rumahnya, kita dengan pihak Kepolisian langsung melakukan pengrebekan, tapi sayangnya semalam itu gagal," ujar Saripudin beberapa waktu lalu.

Saat ditanyai apa penyebabnya tahanan tersebut gagal ditangkap, menurut Saripudin karena Tersangka kasus 363 pencurian hewan ternak ini pada malam tersebut lebih dulu mengetahui keberadaan aparat, dan diduga ada mata-mata yang memberikan informasi kepada tersangka.

"Saat kita disana pelaku langsung lari, dia lompat pagar, saat itu dia dirumahnya. Dugaan kita ada mata-matanya yang memberikan informasi operasi ini," imbuh Saripudin.

Adapun kaburnya Empat orang Lapas Kelas II B Muara Tebo ini belakangan dikabarkan dengan cara memanjat tembok setinggi 5 meter di samping pos penjagaan sipir sebelah kanan yang berdekatan dengan rumah petugas Lapas pada Senin (19/10) lalu.

Dari informasi yang berhasil dirangkum Teboonline.com, adapun keempat tahanan yang kabur tersebut diantaranya Haryadi (32) warga Lubuk Linggau Sumatera Selatan, Rozy Agus Purnomo (40) warga Kebun Jeruk Jakarta Barat, Mulyadi (30) warga Pelayang Tebo Tengah dan Sodik (30) warga Rimbo Bujang.

Keempat tahanan tersebut statusnya adalah tahanan pengadilan yang dititipkan di Lapas Tebo. Keempatnya kabur dengan cara menjebol plafon dan panjat pagar lapas dengan mengunakan kain sarung gang diperkirakan kejadiannya sekitar pukul 04.00 WIB pada Senin (19/10) tersebut. (crew)

Related News