Pelaksanaan UKG Di Tebo, Kacau

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) hari pertama, Rabu (18/11), di Kabupaten Tebo, berlangsung kacau. Sejumlah peserta UKG kecewa dan tidak bisa ikut UKG karena server untuk mengerjakan soal secara online mati atau tidak konek. Tak sedikit dari
mereka yang akhirnya batal mengikuti UKG dan harus mengulang pada hari berikutnya.

AA Musyaffa, Kasi Kurikulum Dikmen Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo, yang juga panitia pelaksana UKG saat dikonfirmasi Teboonline.com mengatakan, ada 3 lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan UKG yaitu suka dinas Dikbudpora Tebo, SMKN 2 Tebo dan SMAN 3 Tebo. 

Dari tiga lokasi tersebut, pelaksanaan terkendala, terutama terkendala masalah jaringan (Silver,red) yang tidak bisa conek.

Lebih jauh dikatakan, selain terkendala jaringan, pada hari pertama pelaksanaan UKG juga terkendala dengan aliran listrik PLN yang mendadak mati. 

"Ini juga gara-gara PLN mati, jadi jaringan langsung error dan tidak bisa tersambung dengan Lap Top peserta. Ditambah lagi ada beberapa Lap Top peserta yang spesifikasinya tidak masuk sehingga tidak bisa tersambung dengan silver," jelasnya.

"Tapi hampir semua daerah maupun kota mengalami hal yang sama. Terkendala pada koneksi jaringan atau silver," jelasnya lagi.

Meski demikian, Musyaffa mengaku sudah melakukan antisipasi terhadap gpermasalahan itu, salah satunya dengan menambah lap top sesuai spesifikasi agar bisa tersambung dengan silver. Menyediakan mesin genset untuk antisipasi jika terjadi pemadaman listrik mendadak, dan persiapan lainnya. 

"Intinya untuk pelaksanaan UKG besok sudah tidak terkendala lagi," katanya.

Pantauan Teboonline.com, di SMAN 3 Tebo, hingga pukul 13.30 Wib, peserta UKG sesi pertama belum selesai mengikuti ujian. Bahkan beberapa peserta terlihat bingung karena lap top yang dimilikinya tidak bisa tersambung dengan silver. Sementara, sesuai jadwal pada hari pertama UKG dilaksanakan 3 sesi.

"Karena terkendala, kemungkinan pelaksanaan UKG hari ini (Rabu,red) hanya 2 sesi. Satu sesi lagi akan dilaksanakan besok di saat jam istirahat," pungkasnya. (crew)

Related News