Jalan Lawu Rimbo Ulu Nyaris Putus

Jalan Lawu desa Suka Maju Kecamatan Rimbo Ulu nyaris putus.

TEBOONLINE.COM, RIMBOULU - Jalan Lawu tepatnya di Desa Suka Maju Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo nyaris putus akibat amblas atau longsor di kanan kiri badan jalan. Sehingga, mengakibatkan lobang besar menganga dikanan kiri Jalan tersebut.

Padahal, Jalan Lawu Desa Suka Maju inilah yang menghubungkan Desa Sungai Pandan dengan desa Suka Maju menuju ke Kabupaten Tebo dan jalan tersebut merupakan jalan utama yang berstatus Jalan Kabupaten yang nota bene adalah urat nadi perekonomian masyarakat setempat yang cukup vital.

Menurut warga setempat, rusaknya Jalan Lawu sudah berlangsung 3 bulan ini. Namun, sampai saat sekarang belum ada indikasi upaya Pemerintah memperbaiki atau membangun Jalan yang rusak parah tersebut.

“Benar, Jalan Lawu yang rusak parah ini sudah berlangsung lama, akibatnya kendaraan roda 2 dan roda 4 tidak bisa melintasi Jalan itu,“ terang Sigit (33) Warga setempat, pada Teboonline.com, Selasa (10/11).

Akibat Jalan Lawu rusak parah, kata Sigit, anak sekolah dan masyarakat terkendala. Pasalnya, anak sekolah pergi dan pulang sekolah harus melalui jalan alternatif dengan jarak tempuh yang cukup jauh, begitu juga petani karet di Suka Maju tidak bisa mengeluarkan hasil kebunnya melalui jalan Lawu yang rusak itu. Padahal Jalan Lawu merupakan akses satu - satunya Jalan utama bagi masyarakat desa Suka Maju.

“Kami berharap secepatnya Pemerintah membangun Jalan Lawu yang rusak. Karena selama ini sudah banyak yang menjadi korban kecelakaan akibat sepeda motornya terjerembab dilokasi jalan yang longsor tersebut,“ pungkasnya.

Sementara itu, Kades Suka Maju dikonfirmasi mengatakan, pihaknya membenarkan kondisi rusaknya Jalan Lawu cukup parah dan sudah cukup lama yang mengakibatkan akses transportasi Jalan Lawu Suka Damai - Sungai Pandan terancam lumpuh.

“Jalan Lawu Suka Maju Kecamatan Rimbo Ulu katanya statusnya Jalan Kabuaten. Kita sudah mengusulkan ke Pemkab Tebo agar pemkab segera membangun Jalan yang rusak longsor itu melalui dana ADD Desa Suka Maju. Namun, pihak Pemkab Tebo tidak menyetujuinya penggunaan dana ADD tersebut. Makanya kami berharap Pemkab Tebo bisa segera membangun Jalan Lawu melalui alokasi dana lainnya,“ harap Slamet Indarto, Kades Suka Maju. (asa)

Related News