Wednesday, October 14, 2015

IGD Rumah Sakit Umum STS Tebo.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO -  Jasmaini, pasien Rumah Sakit Umum Daerah Sultha Thaha Syaifuddin (RSUD STS) Muara Tebo dari desa Betung Bedarah Barat Kecamatan Tebo ilir. Jasmaini yang menderita penyakit dalam terpaksa harus membeli obat diluar, pada Rabu (14/10), Hal tersebut diungkapkan oleh Udin yang merupakan keluarga dari Jasmaini, ia mengaku bahwa obat dirumah sakit STS Tebo telah habis dan terpaksa beli diapotik diluar rumah sakit.

Udin mengaku, keluarganya (Jasmaini_red) masuk Rumah Sakit Tebo sejak hari Minggu (11/10) yang lal. Ia juga mengatakan bahwa pihak manajemen RSUD STS tidak menjelaskan secara rinci alasan stok obat habis.

Sementara itu, Ketua Komite Medik RSUD. STS dr.Donald Boy Purba.SpPD didampingi sekertarisnya dr.Verdi Vernando menjelaskan, saat ini obat yang kosong adalah infus set makro, spuit 5 cc, obat anti pendarahan, Vit-k/ asam traneksamat, obat bius, ada sekitar 34 item yang sering digunakan rumah sakit.

“Sebelumnya obat paracetamol stock yang kosong, pagi tadi sudah ada sebanyak 12 bok tetapi itu diperkirakan hanya cukup untuk seminggu kedepan,” ungkapnya.

Akibat kejadian itu lanjut dokter, membuat dokter yang ada dirumah sakit umum daerah STS Tebo terpaksa tidak bisa melayani dengan maksiman atau pasien safety karena khawatir terjadi konflik dengan pasien. karena para pasien yang datang akan diberi obat, rumah sakit stocknya kosong, Sementara,  jika pasien membeli obat diluar akan dipastikan akan terjadi keributan sehingga nanti pasien menyalahkan dokter yang menanganinya dan menuding ada permainan.

“Kami pihak dokter rumah sakit, ngga mau bekerja tanpa safety karena keluarga pasien akan marah besar apabila diminta membeli obat diluar sedangkan kami mau memberikan obat dari rumah sakit, stock obatnya memang kosong, itu sudah terjadi selama 2 bulan lebih, komite medic rumah sakit STS Tebo telah melayangkan surat protes kepada manajemen tapi hingga saat ini kondisinya tetap seperti ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit STS Tebo, dr. Iwan saat akan dikonfirmasi tidak berada ditempat. (crew)