Sekolah Tingkat Dasar Diliburkan Hingga Hari Sabtu

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Kadisbudpora) Kabupaten Tebo, melalui kabid dikdas Dumyati, memerintahkan semua sekolah di Kabupaten Tebo mulai dari PAUD, TK dan SD kecuali kelas 6, secara serentak diliburkan mulai hari Rabu hingga Sabtu (31/10) mendatang.

Kebijakan ini dilakukan karena indeks udara yang diakibatkan kabut asap di Kabupaten Tebo semakin tidak baik lagi bagi kesehatan terutama para pelajar.

"Hari ini sekolah ditingkat pendidikan dasar sudah diliburkan, kecuali anak SD yang kelas 6 masih tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) yang belajarnya hanya dibolehkan didalam kelas," ungkap Dumyati, saat dikonfirmasi diruang kerjanya (28/10).

Tidak diliburkannya anak SD kelas 6 ini, lanjut Dumyati, dikarenakan demi menghadapi ujian nasional (UN) nanti, akan tetapi jam masuk dan jam pulangnya dipercepat.

"Untuk pembagian tugas bagi kelas 6 SD masih tetap diadakan, mengingat ujian akhir nanti, dan KBM nya kita percepat," jelasnya.

Sementara, untuk sekolah tingkat SMP, SMA dan SMK sederajat disampaikan kepada sekolah-sekolah untuk melihat sikon asap dilingkungan sekolahnya, seandainya lanjutnya, disekolah tersebut memperlihatkan gejala tidak sehat maka sekolah itu diliburkan.

"Untuk jenjang sekolah tingkat menengah agar menyesuaikan kondisi di lingkungan sekolah masing-masing, jika memang tidak memungkinkan untuk sekolah maka boleh libur, dan itu sudah kita serahkan sepenuhnya kepada kepala sekolah," ujarnya.

Dikatakan Dumyati, jika dalam rentan waktu dekat ini kondisi asap semakin parah, maka semua sekolah tanpa terkecuali secara umum akan diliburkan, namun untuk sekarang ini kita masih mengintruksikan libur pada sekolah tingkat dasar.

"Lihat perkembangan asap saja, jika status asap semakin parah sampai hari Sabtu nanti, maka untuk sekolah tingkat dasar akan diperpanjang liburnya dan untuk sekolah tingkat menengah akan kita liburkan semua," ujarnya.

Saat ditanya terkait surat edaran dari Kemendiknas, yang menegaskan bahwa jika status ISPU sudah diatas 300, maka semua sekolah wajib diliburkan karena angka tersebut sudah mencapai puncak berbahaya, dirinya mengakui belum terima surat edaran itu.

"Terkait surat edaran dari Kemendiknas saya belum terima, tapi dak tau lah kalau pak Kadis menerima atau tidak," tutupnya.

Jika dilihat dari penegasan surat edaran itu, bahwa kondisi asap di Kabupaten Tebo sudah melebihi angka 1000 PSU, artinya semua sekolah di Kabupaten Tebo tanpa terkecuali sudah harus libur. (crew)

Related News