Pilkades Serentak Di Tebo Digelar April 2016

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Tebo, menargetkan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan pada April 2016 mendatang.

Padahal, sebelumnya BPMPD menargetkan Pilkades serentak akan dilaksanakan sebelum Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi.

Ansori Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) BPMPD Tebo, menjelaskan, molornya pilkades serentak tersebut karena terkendala Peraturan Daerah (Perda) yang hingga saat ini belum selesai dibahas.

"Perdanya masih dalam pembahasan. Jadi Pilkades serentak belum bisa dilaksanakan karena terkendala Perda," ungkap Ansori saat dikonfirmasi Teboonline.com.

Dijelaskannya, jika pembahasan Perda untuk Pilkades serentak selesai dibahas, pihaknya akan langsung melakukan beberapa tahapan sebelum dilaksanakan pilkades, diantaranya dilakukan tahapan sosialisasi Perda keseluruh desa di Kabupaten Tebo.

"Nanti begitu Perdanya selesai, akan kita sosialisasikan ke desa-desa. Kemungkinan itu kita lakukan pada Desember 2015 atau Januari 2016 nanti," katanya.

Terkait teknis sosialisasi perda nantinya, lanjut Ansori, kemungkinan akan dilakukan per Kecamatan. Pesertanya adalah seluruh desa baik yang akan melaksanakan pilkades maupun tidak di kecamatan tersebut.

"Untuk sosialisasi ini kemungkinan bisa menghabiskan waktu satu minggu. Sebab ada beberapa kecamatan yang akan kita gabung," katanya.

Untuk diketahui, dari data yang dirilis BPMPD Tebo, ada 42 desa dari 12 kecamatan di Kabupaten Tebo, akan mengelar Pilkades. Dari 42 desa tersebut diantaranya, kecamatan Tebo Tengah sebanyak 4 desa, kecamatan Tebo Ilir sebanyak 2 desa, kecamatan Tebo Ulu sebanyak 9 desa.

Kemudian, kecamatan Rimbo Bujang satu desa, kecamatan Sumay sebanyak 9 desa, kecamatan VII Koto sebanyak 1 desa, kecamatan Rimbo Ulu satu desa, kecamatan Rimbo Ilir sebanyak 5 desa, kecamatan Tengah Ilir ada 1 desa, kecamatan Serai Serumpun ada 2 desa, kecamatan VII Koto Ilir ada 3 desa, dan terakhir kecamatan Muara Tabir ada 3 desa.

"Desa yang paling banyak melaksanakan pilkades berada di kecamatan Tebo Ulu dan Sumay," pungkas Ansori. (crew)

Related News