Wednesday, October 7, 2015

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Kendati belum memiliki jurus ampuh untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pejabat dalam memimpin sebuah jabatan. Namun, penempatan pejabat Eselon II dilingkup Pemda Tebo dinilai sudah tepat. Hal ini diungkapkan oleh Sekertaris BKPP Tebo, Eko Nuryanto.

"Saya kira sudah tepat ya, akan tetapi untuk mengukur sejauh mana kemampuan kan tidak bisa," jelas Eko.

Memang Eko mengatakan, pejabat dijajaran eseloan II atau sekelas Kepala Dinas, dalam menduduki jabatan tersebut tidak berdasarkan jurusan pendidikan. Namun demikian, dapat dipastikan para pejabat yang duduk saat ini telah memiliki pengalaman.

" Yang jelas penunjukan seorang pejabat itu, telah melalui berbagai pertimbangan dan berdasarkan pengalaman serta trek rekor selama dia menjadi pegawai," jelas Eko lagi.

Untuk mengetahui kemampuan pejabat lanjut Eko, sesuai Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), hal itu dapat dilakukan dengan cara uji kompetensi. Namun, uji tersebut belum bisa dilaksanakan tahun ini.

Pihaknya saat ini masih melakukan koordinasi untuk pelaksanaan tersebut. Kenapa tidak tahun ini, soalnya uji kompetensi kan membutuhkan biaya, jadi direncanakan tahun depan.

" Melalui uji Kompetensi akan terlihat kemampuan pejabat, tetapi untuk Tebo kita rencanakan tahun 2016 ," ungkapnya.

Selain itu, Eko menambahkan, dalam ketentuan uji kompetensi juga tidak semerta-merta harus berdasarkan jurusan. Misalnya, di Kabupaten Tebo terdapat 25 SKPD, seluruh kepalanya dilakukan uji kompetensi yang meliputi psikologi dan materi lain. Jadi, belum tentu juga yang sesuai jurusannya dapat menempati pos sesuai jurusannya.

" TIdak mesti, karena para pejabat yang diuji tentunya sudah berpengalaman semua dan tinggal dibidang-bidang mana yang lebih hebat," pungkasnya. (crew)