Wednesday, October 28, 2015

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Kreatifitas pemuda Tebo dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini sepertinya terus menurun. Akan hal ini, komunitas satu Tanggo Rajo Tebo-indonesia (KSATRIA) rencananya akan kembali merangsang kreatifitas dari masing-masing pemuda di Kabupaten Tebo agar kembali muncul melalui kegiatan pentas seni (Pensi) yang akan dilaksanakan pada bulan November Tahun 2015.

Ketua KSATRIA, Koko kepada Jambi Star memaparkan bahwa pada bulan depan (November, red) apabila tidak berhalangan rencananya KSATRIA akan mengadakan kegiatan positif berupa pensi yang akan diadakan ditaman Taman Tanggo Rajo.

"Dalam merangsang kreatifitas pemuda Tebo, apabila kabut asap tidak parah, KSATRIA akan mengadakan kegiatan pensi," ungkap Koko pada Teboonline.com.

Dikatakannya lagi, Mudah-mudahan hal ini bisa terealisasi karena jika ditinjau dari minat pemuda Tebo pada saat ini sudah banyak yang menurun dan bahkan sudah menghilang karena dikabupaten Tebo sendiri untuk wadah yang menampung dan menjadi tempat pengembangan kreatifitas bagi pemuda Tebo masih sangat Kurang.

"Berkurangnya kreatifitas pemuda di Kabupaten Tebo itu merupakan hal yang wajar karena memang di Tebo sendiri beberapa waktu yang lalu masih kekurangan wadah. Namun perlu dikatahui, untuk saat ini Tebo sudah memiliki wadah bagi pemuda kreatif yang diantaranya adalah KSATRIA yang membidangi seni musik, komedi, dan lain-lain, kemudian ada Sutan Tebo cinematography dan tipochy yang sama-sama membidangi seni fotography dan video," jelasnya.

Terpisah, Ketua pelaksana kegiatan Pensi, Hadi juga menuturkan hal yang sama. Dirinya menyebutkan agar pemuda Tebo menjauh dari hal-hal negatif, pemuda Tebo rencananya akan diajak untuk menilik kreatifitas dari masing-masing Pemuda itu sendiri agar bisa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dengan harapan memiliki kegiatan yang selalu positif melalui kegiatan pensi.

"Hingga saat ini KSATRIA sudah melaksanakan sebanyak 13 event dengan konsep memberikan hiburan terhadap masyarakat Tebo. Namun pada event ke 14, rencananya kita akan merangsang kembali pemuda Tebo agar selalu memiliki kreatifitas dengan mengikut sertakan secara langsung pemuda kreatif yang belum tergabung dalam KSATRIA," paparnya.

Pada event ke-14 nanti, lanjutnya, tidak ada perbedaan dari masing-masing cabang pentas seni karena semuanya akan dipukul rata dengan penampilan minimal 5 talent dan maksimal 10 talent perharinya. Dan untuk pelaksanaan pensi ini, rencananya akan dilaksanakan mulai dari Minggu (08/11) sampai dengan akhir bulan November pada setiap hari minggu.

"Pada event ke-14 pentas seni nanti, baik seni musik, pop, rock, daerah, jaz, blues, stand up comedy, solo talent, drama, tari dan segala macamnya akan disamakan dan tidak ada perbedaan karena semuanya merupakan talent. Dan bagi talent yang mendapatkan nominasi 3 besar pada acara pensi diakhir bulan November nanti, maka yang juara 1 satu akan diberikan uang pembinaan, trophy, piagam dan merchandise, begitupun yang lainnya," jelasnya lagi.

Ketika ditanyai mengenai sistem penilaian pada pensi tersebut, Hadi menjelaskan bahwa untuk sistem penilaian nanti tidak akan menggunakan juri karena ini murni dari masyarakat untuk masyarakat. Yang menilainya adalah masyarakat itu sendiri melalui sistem polling melalui kupon yang disediakan pihak panitia pelaksana pensi.

"Pelaksanaan Pensi nanti kita menggunakan sistem poling melalui kupon. Yang hadir pada pagelaran pensi nanti berhak memilih dari berbagai talent yang telah menunjukkan kreatifitasnya didepan masyarakat kabupaten Tebo pada umumnya," tandasnya. (crew)