Tuesday, October 20, 2015

Kejari Tebo Noor Slamet saat memusnahkan BB Narkoba.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Kaburnya 4 Napi dari Lapas Kelas II B Tebo kemarin Senin sekitar pukul 04.00 WIB dini hari amat disayangkan pihak Kejari Tebo. 

Hal tersebut dikarenakan dua dari 4 Napi yang kabur tersebut masih dalam proses penuntutan dan pemeriksaan oleh pihak Kejaksaan Negeri Tebo.

Hal Tersebut disampaikan Kajari Tebo, Noor Slamet, SH,MH, dirinya menilai kejadian kaburnya 4 Napi dari Lapas Kelas IIB Tebo terkesan aneh. Anehnya dinilai karena kejadian tersebut bisa terjadi tanpa dikejahui oleh petugas Lapas yang sedang berjaga.

"Kok bisa para napi kabur melalui Plafon dan terus manjat dinding tanpa dilihat oleh para petugas yang sedang jaga. Itukan aneh," ujar Kajari Tebo.

Namun Dirinya memastikan bahwa porses hukum atau penuntutan terhadap salah satu Napi yang kabur yaitu Mulyadi yang merupakan tersangka Kasus 363 pencurian hewan ternak yang saat ini masih dalam tahap persidangan tetap dilanjutkan. Hal tersebut dikarenakan 3 dari empat tersangka pencurian hewan ternak tersebut masih di Lapas.

Begitu juga dengan Napi Sodik 30 tahun yang merupakan kasus 363 KUHP. Walaupun masih dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi, namun proses hukum akan tetap dilanjutkan hingga tersangka berhasil ditangkap kembali nantinya.

"Mulyadi itukan satu dari empat pelaku dalam kasus pencurian ternak kebau, tiganyakan masih di Lapas, jadi persidangannya tetap dilanjutkan. Kita berharap para Napi yang kabur tersebut bisa secapatnya ditangkap kembali," harap Kajari.

Perlu diketahui bahwa, empat tahanan yang kabur tersebut adalah Haryadi 32 tahun, Islam, Kel.Taba Baru Kec.Lubuk linggau Kota Provinsi Sumsel (kasus 338 UU KUHP) Ket : Vonis 7 tahun belm eksekusi JPU (Tahanan pengadilan), Rozy Agus Purnomo 40 tahun, islam, Jl.Soleh II Nomor 43 Kel.Sukabumi Selatan Kec. Kebun Jeruk Kotamadya Jabar (kasus 363 UU KUHP) Ket : Vonis 20 bulan, Mulyadi 30 tahun, Islam, RT 06 Ds Pelayang Kec.Tebo Tengah Kab.Tebo (kasus 363 UU KUHP) Ket : tahap persidangan di pengadilan (Tahanan Pengadilan). Dan Sodik 30 tahun, Islam, Jl.4 unit 4 Ds Purwoharjo Kec.Rimbo Bujang Kab.Tebo (kasus 363 UU KUHP) Ket : masih persidangan di Pengadilan (tahanan Pengadilan).

Keempat tahanan tersebut adalah tahanan pengadilan yang dititipkan di Lapas Tebo. Keempatnya kabur dengan cara menjebol plafon dan panjat pagar lapas dengan menggunakan kain sarung. Diperkirakan kejadian sekitar pukul 04.00 WIB. Atas kejadian tersebut, pihak Lapas tidak mau berkomentar dan sulit dikonfirmasi. (crew)